EFEKTIVITAS SPORT EDUCATION MODEL DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP SIKAP PROAKTIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v12i1.5493Keywords:
Sport Education Model, Permainan Bola Voli, Sikap Proaktif.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya sikap proaktif siswa yang membuat anak kurang mampu melakukan tindakan yang lebih aktif, mengambil inisiatif dan mengaktifkan pilihan serta merespon secara positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji keefektifan Sport Education Model dalam pembelajaran permainan bola voli terhadap sikap proaktif siswa sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Jambe Timur yang berjumlah 374 Siswa. Sampel yang diambil 68 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling.Instrumen yang digunakan berupa angket terbuka dengan memakai skor Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Terdapat efektifitas Sport Education Model dalam pembelajaran permainan bola voli terhadap sikap proaktif siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Jambe Timur. 2). Terdapat efektifitas model pembelajaran konvensional (Direct Instruction Model) dalam permainan bola voli terhadap sikap proaktif siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Jambe Timur. 3). Model pembelajaran pembelajaran sport education model lebih besar memberikan keefektifan terhadap sikap proaktif siswa dari model konvensional (Direct Instruction Model) dalam permainan bola voli siswa sekolah menengah atas.
Downloads
References
Bangun, S. . (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).
Gani, W. H. & R. A. (2018). Pendidikan Jasmani Materi Ajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Majalaya. 1 (1), 4550.
Irawan, W. (2019). Pengaruh sport education model terhadap keterampilan sosial dalam permainan bola voli.
Irfan Zinat Achmad, A. K. Y. (2017). Persepsi mahasiswa PJR pada mata kuliah pembelajaran permainan bola voli di universitas singaperbangsa karawang. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(2), 113.
Kholik. (2011). Metode Pembelajaran. [Online] tersedia: https//wordpress.com/2011/1108/metode-pembelajaran konvensionna. [Diakses 20 Maret 2023]
Metzler. (2000). Intructional Models for physical eduactio. Massachusetts. USA, 162.
Pahliwandari. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 159164.
Perlman. (2011). Examination of self-determination within the sport education model. Asia Pasific Journal of Healty , Sport and Physical Education, 2(1), 7992.
Perlman, G. K. (2012). The Influence of teh sport education model on amotivated students in class physical activity. Journal Eoropean Physical Education Review 2012, 18 : 335.
Rahayu, E. T. (2013). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Dedikbud; Jakarta.
Siedentop. (1994). Sports Education : Quality PE through positive sport experience. United Graphics. USA.
Stephe, C. (2006). The 8th Habith Melampaui Efektivitas menggapai Keagungan. Jakarta : Gramedia.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R& D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Suherman. (2007). Pendidikan Jasmani sebagai fondasi bagi tumbuh kembang anak. Pidato Pengukuran Guru Besar, Universitas Negeri Jakarta.
Weil, J. and. (1996). Model of teachig. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Wulandari, S. (2020). Pengaruh sport education model terhadap tanggung jawab dalam permainan bola basket. Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.