SPORT TALENT IDENTIFICATION AS A RECOMMENDATION FOR EXTRACURRICULAR DEVELOPMENT CURRICULUM: A RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDY

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v12i1.5605

Keywords:

talent identifycation, extraculliculler, sport development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakat olahraga siswa yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan pengembangan dalam pembinaan ekstrakurikuler di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan pendekatan pengumpulan data satu kali. Sampel dalam penelitian berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 25 anak laki-laki dan 25 anak perempuan. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dengan menghitung nilai rata-rata dan proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28% (14) tergolong sangat potensial, 36% (18) berpotensi dan 32% (16) cukup potensi siswa berbakat olahraga.Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa yang berpotensi diberikan fasilitas dan ruang yang baik dalam hal ini adalah pemilihan dan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini berusaha untuk mendorong siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, S. Y. (2018). Peran pelatih olahraga ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat dan minat olahraga pada peserta didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29–37.

Bramantha, H. (2020). Identifikasi Bakat Olahraga dengan Menggunakan Metode Sport Search Pada Siswa Putra Kelas V SDN 3 Mangaran Kabupaten Situbondo. Cermin Jurnal Penelitian, 30–35.

Hariadi, I., Hanief, Y. N., & Fadhli, N. R. (2022). Sport talent identification among children in Malang. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 8(1), 81–95.

Johnston, K., Wattie, N., Schorer, J., & Baker, J. (2018). Talent Identification in Sport : A Systematic Review. Sport Medicine, 97–109. https://doi.org/10.1007/s40279-017-0803-2

Maulana, R., Mustar, Y. S., Maratus, A., Pramono, B. A., & Susanto, I. H. (2021). Sedentary Behavior Among School-aged Students During Pandemic : A Cross-Sectional Study. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 618, 489–495.

Prasetyo, Y., Nasrulloh, A., & Komarudin. (2018). Idenifikasi Bakat Istimewa Panahan Di Kabupaten Sleman. Jurnal Olahraga Prestasi, 14(2), 195–205.

Qonitatillah, R., & Wahyudi, A. R. (2022). Identifikasi Bakat Olahraga Menggunakan Metode Sport Search Pada Siswa SD Negeri Karanggayam II Kabupaten Sampang. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 148–154.

Ragil, I., Atmojo, W., Budiharto, T., & Saputri, D. Y. (2023). Giftedness Analysis Using Sport Search on Physical Education Learning for Elementary School Students in Surakarta City. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2019), 845–852. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2341

Reeves, M. J., Mcrobert, A. P., Lewis, C. J., & Roberts, S. J. (2019). A case study of the use of verbal reports for talent identification purposes in soccer : A Messi affair ! Plos One, 14(11), 1–17.

Syafeei, M., Budi, D., Kusuma, M., & Listiandi, A. (2020). Identifikasi Keberbakatan Olahraga Metode Australian Sport Search Pada Anak Sekolah Dasar. Physical Activity Journal, 1, 8.

Visalim, A., Sofyani, H. F., Atmaja, G. K., & Purwanto, S. (2018). The Importance of Sport Talent Identification to Early Chilhood. Proceeding of International Conference On Child-Friendly Education, 91–98.

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Cholid, N., Widodo, A., Sulistyarto, S., & Maulana, R. (2023). SPORT TALENT IDENTIFICATION AS A RECOMMENDATION FOR EXTRACURRICULAR DEVELOPMENT CURRICULUM: A RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDY. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 12(1), 162–170. https://doi.org/10.31571/jpo.v12i1.5605