PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN PERMAINAN

Authors

  • Henry Maksum Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v6i1.573

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh dengan permainan untuk kelas V Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 30 siswa laki-laki kelas V di Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan model melalui uji coba terbatas, uji coba luas dan uji efektivitas. Hasil penelitian adalah: (1) model baru pembelajaran lompat jauh dengan permainan dapat meningkatkan gerakan multileral bagi siswa; dan (2) model baru pembelajaran lompat jauh dengan permaian lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan prestasi, ketertarikan, dan motivasi bagi siswa dalam belajar pendidikan jasmani.

Kata Kunci: pengembangan model pembelajaran, gerak dasar lompat jauh,    permainan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-19

How to Cite

Maksum, H. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN PERMAINAN. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.31571/jpo.v6i1.573