PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN PERMAINAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v6i1.573Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh dengan permainan untuk kelas V Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode research and development (R&D) dari Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 30 siswa laki-laki kelas V di Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan model melalui uji coba terbatas, uji coba luas dan uji efektivitas. Hasil penelitian adalah: (1) model baru pembelajaran lompat jauh dengan permainan dapat meningkatkan gerakan multileral bagi siswa; dan (2) model baru pembelajaran lompat jauh dengan permaian lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan prestasi, ketertarikan, dan motivasi bagi siswa dalam belajar pendidikan jasmani.
Kata Kunci: pengembangan model pembelajaran, gerak dasar lompat jauh,   permainan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.