EFEKTIFITAS METODE MASSED PRACTICE TERHADAP HASIL FOREHAND SMASH PERMAINAN BULUTANGKIS PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 KARAWANG TIMUR

Authors

  • Taufik Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rhama Nurwansyah Sumarsono Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tedi Purbangkara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.5924

Keywords:

Efektifitas, metolde massed practice, folrehand smash, ekstrakulrikuller

Abstract

Penelitian ini, bertuljulan ulntulk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang adanya efektifitas dari sebulah metolde latihan yaitul massed practice, terhadap hasil folrehand smash siswa di SMP Negeri 2 Karawang Timulr. Metolde yang digulnakan ulntulk melaksanakan penelitian adalah metolde eksperimen tepatnya qulasi eksperimen, dengan menggulnakan pendekatan kulantitatif. Instrulmen yang saya gulnakan ulntulk melakulkan pre dan polst test adalah instrulmen penelitian dari PB PBSI (2016) yang mempulnyai nilai reabilitas sebesar 0,49. Teknik pengambilan sampel yang digulnakan adalah pulrpolsive ataul berdasarkan kriteria. Setelah melakulkan penelitian ditemulkan sebulah kesimpullan dari nilai N-Gain Scolre dan N-Gain persen yang menjadi penentul efektif ataul tidaknya metolde ini diterapkan. Diperolleh nilai N-Gain scolre sebesar 0,118 > 0,7 yang artinya metolde ini mempulnyai tingkat skolr yang tinggi. Sementara itul, pada N-Gain persen diperolleh nilai mean 60,65 (rasiol 56 – 75) yang artinya metolde ini culkulp efektif ulntulk diterapkan di esktrakulrikuller bullultangkis tingkat Sekollah Menengah Pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, M., Jasmani, P., & Suryakancana, U. (2018). Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani kesehatan dan rekreasi. XX(2), 81–87. https://www.bing.com/search?q=UPAYA+MENINGKATKAN+KESEGARAN+JASMANI+MELALUI+PENDEKATAN+BERMAIN+DALAM+PEMBELAJARAN+PENDIDIKAN+JASMANI+KELAS+X+SMA+NEGERI+1+CIANJUR+1Muda&cvid=1a38af47f5ee4f379fce2b2317a46170&aqs=edge..69i57.1383j0j1&pglt=41&FORM=ANNTA1&PC=AS

Asnaldi, A. (2016). Hubungan Pendekatan Latihan Massed Practice Dan Distributed Practice Terhadap Ketepatan Pukulan Lob Pemain Bulutangkis. Jurnal MensSana, 1(2), 20. https://doi.org/10.24036/jm.v1i2.51

Astitah, A., Mawardi, A., & Penulis, N. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 131–146.

Hananingsih, W., & Imran, A. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1593

Metode, P., Massed, L., Dan, P., Practice, D., Pukulan, K., Cabang, D., & Bulutangkis, O. (2021). Lutfiana Mega Elpariani, 2021 PENGARUH METODE LATIHAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN DROPSHOT CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu perpustakaan.upi.edu. 1–8.

Sitorus, I. (2021). Analisis Teknik Permainan Bulutangkis Pada Atlit PB Indocafe Medan. Jurnal Prestasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.24114/jp.v5i1.25616

Published

2024-06-29

How to Cite

Hidayat, T., Sumarsono, R. N., & Purbangkara, T. (2024). EFEKTIFITAS METODE MASSED PRACTICE TERHADAP HASIL FOREHAND SMASH PERMAINAN BULUTANGKIS PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 KARAWANG TIMUR. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 13(1), 43–57. https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.5924