PENGARUH METODE DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI PADA EKSTRAKULIKULER DI MTS HIDAYATUL ISLAMIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v13i1.5967Keywords:
Distributed Practice, Kuantitatif, Tes Brady, Ekstrakulikuler, Bola VoliAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui perlunya media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat anak sehingga mampu untuk meningkatkan kompotensi dalam segi pembelajaran bola voli. Serta kurangnya fasilitas olahraga yang ada disekolah untuk pembelajaran bola voli tersebut. Minimnya minat anak dalam ketertarikan dalam pembelajaran bola voli passing bawah. Terdapat anak atau siswa dalam ekstrakulikuler di MTs Hidayatul Islamiyah yang tidak siap menerima bola pada saat dilemparkan oleh pelatih, pendekatan penelitian ini sangat dibutuhkan dalam penelitian, karena itu peneliti menggunakan pendekatan keuantitatif. Karena berdasarkan rumusan masalah dan juga judul peneliti yang diambil. Definisi tentang penelitian kuantitatif yaitu peneliti yang didasari pada asumsi, kemudian variabel beserta analisis dengan menggunakan metode penelitian yang telah valid, terutama dalam hal penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil dalam analisa serta pembahasan maka dapat disimpulkan pengaruh metode distributed practice terhadap hasil passing bawah bola voli pada ekstrakulikuler di MTs Hidayatul Islamiyah, yakni tentang metode distributed practice dan hasil passing bawah. Ketika sudah diberi perlakuan brady test kemudian di analisis data dan juga pengujian hipotesis dari rata-rata sebelum perlakuan dan sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari 23,00 menjadi 29,40 sedangkan hasil perhitungan hipotesis dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Bagi seorang guru/pelatih metode distributed practice ini dapat dijadikan sebagai metode yang cocok untuk meningkatkan passing bawah dalam permainan bola voli di ekstrakulikuler. Bagi siswa berusahalah untuk tampil lebih percaya diri, termotivasi dan memahami pokok bahasa materi yang disampaikan pelatih atau guru agar mendapatkan hasil latihan yang maksimal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Fazri Septian, Rhama Nurwansyah Sumarsono, Tedi Purbangkara3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.