FISIOLOGI DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PROFESIONAL: STUDI LITERATUR

Authors

  • Gaung Perwira Yustika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Surabaya-Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v7i1.879

Abstract

Sepakbola adalah olahraga paling populer dan fenomenal di dunia dengan sekitar 270 juta praktisi sepakbola yang tersebar di seluruh penjuru dunia (FIFA, 2015). Sepakbola menarik perhatian para ilmuwan olahraga dan pemerintah dari negara-negara di seluruh dunia untuk mempromosikan pentingnya beraktivitas fisik dan menjaga kesehatan baik di seluruh kalangan masyarakat, bahkan untuk kaum minoritas. (Hammami et al, 2016; Milanovicet al., 2015; Parnell et al., 2016). Selain itu olahraga ini juga dapat dipakai untuk mempromosikan kampanye kesehatan terkait pencegahan penyakit kronis yang disebabkan oleh minimnya aktivitas fisik (Krustrup et al., 2010).

Kebutuhan fisiologis dari sepakbola kompetitif di level tertinggi membutuhkan kondisi fisik yang baik untuk memberikan usaha maksimal di dalam pertandingan (berlari, menahan bola, mengumpan dan menendang). Optimisasi kebugaran fisik sekarang telah menjadi bagian yang penting di dalam persiapan tim sebelum kompetisi. Karena kepentingan tersebut telah banyak penelitian yang telah dilakukan, terutama penelitian tehadap pesepakbola pria yang mana menunjukkan data bahwa pesepakbola elit dapat menempuh total jarak 9-14 kilometer dalam sebuah pertandingan. Sedangkan para pesepakbola wanita elit dapat menempuh 8-12 kilometer dalam satu pertandingan. (Bloomfeld, et al 2008).

Sepakbola tidak hanya menyita energi, kelelahan dari fisik (Physique fatigue) lewat metabolisme aerob dan anaerob namun juga kelelahan dari segi mental (Mental Fatigue). Penelitian menyebutkan kelelahan mental mempengaruhi performa fisik dari pemain walaupun pada dasarnya sepakbola merupakan olahraga yang mengutamakan skill. 

Artikel literaturereview ini menyajikan pengetahuan seputar fisiologi dalam permainan sepakbola menyangkut sisi fisiologis,yang dirangkum dari artikel-artikel ilmiah terbaru sepakbola berbagai belahan dunia (mostly from Europe/USA) Informasi yang disajikan diharapkan dapat berguna untuk perkembangan prestasi dan ilmu dari sisi sport medicine dari sepakbola di Indonesia yang sedang (selalu) terpuruk di rangking FIFA. Informasi yang disajikan ditujukan untuk pemain maupun pelatih sepakbola Indonesia dan pihak terkait sehingga pemahaman khususnya dari aspek Sport Science dapat lebih maju di negara tercinta ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-03

How to Cite

Yustika, G. P. (2018). FISIOLOGI DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PROFESIONAL: STUDI LITERATUR. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 7(1), 22–39. https://doi.org/10.31571/jpo.v7i1.879