APLIKASI MANAJEMEN KAS BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBANTU PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • Esron Rikardo Nainggolan STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Hasta Herlan Asymar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Said Hidayah STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Mareanus Lase STMIK Nusa Mandiri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1154

Keywords:

android, apriori, manajemen kas, UKM

Abstract

Pengelolaan keuangan atau manajemen kas sangatlah diperlukan untuk mendukung kemajuan usaha kecil dan menengah. Beberapa usaha kecil dan menengah sekarang ini masih menggunakan cara manual dalam memanajemen keuangannya. Akibatnya permasalahan seperti kesalahan perhitungan atau data keuangan tidak sesuai dengan jumlah real yang ada. Dengan metode apriori yang penulis sederhanakan algoritmanya sesuai kebutuhan aplikasi sehingga dapat membantu pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dalam menghitung secara otomatis keseluruhan data pemasukan dan pengeluaran dalam satu aplikasi, dan juga dapat menampilkan semua data transaksi yang telah berjalan. Model pengembangan aplikasi dibangun dengan metodologi waterfall. Diharapkan aplikasi ini dapat di akses pada device dengan platform Android sehingga bisa membantu pelaku usaha kecil dan menengah dalam menjalankan proses manajemen keuangan sehingga penggunaan kas untuk kebutuhan usaha bisa lebih efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Esron Rikardo Nainggolan, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Teknik Informatika

Hasta Herlan Asymar, Universitas Bina Sarana Informatika

Teknologi Komputer

Said Hidayah, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Teknologi Komputer

Mareanus Lase, STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Teknologi Komputer

References

Harahap, Y. R. (2014). Kemampuan menyusun laporan keuangan yang dimiliki pelaku ukm dan pengaruhnya terhadap kinerja UKM. Jurnal Riset Akutansi dan Bisnis, 4(1).

Nursikuwagus, A & Hartono, T. (2016). Implementasi algoritma apriori untuk analisis penjualan dengan berbasis web. Jurnal SIMETRIS, 7(2).

Ria, A. (2018). Analisis penerapan aplikasi keuangan berbasis android pada laporan keuangan umkm Mekarsari, Depok. Jurnal Sosio E-kons, 10(3).

Santi, R. C. N. & Yulianton, H. (2016). Model sistem informasi manajemen keuangan terencana bagi start-up bisnis umkm berbasis web. Disajikan dalam Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call Papers UNIBANK (SENDI_U) (pp. 112–121).

Sommerville, I. (2011). Software engineering. 9th edition. America: Pearson Education, Inc.

Yahyuni, Jaya., Hendry., & Hati, Veronika, P. (2017). Pengaruh sistem akutansi manual terhadap pengambilan keputusan manajemen pada pt. Veronika Prima Sanita. Jurnal EQUILINBIRIA, 4(2), 1–12.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Nainggolan, E. R., Asymar, H. H., Hidayah, S., & Lase, M. (2019). APLIKASI MANAJEMEN KAS BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBANTU PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 10–18. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1154