PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK GURU IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Winna Dharmayanti IKIP PGRI Pontianak
  • Dini Oktarika IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1156

Keywords:

media pembelajaran, multimedia interaktif, ilmu pengetahuan alam

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interakif sesuai kebutuhan guru di sekolah menengah pertama dengan materi gejala biotik dan abiotik metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan rancangan ADDIE. Tahapan pengembangan meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan dari aspek media diperoleh persentase 86,5% dengan kategori sangat baik. Sedangkan berdasarkan aspek materi mendapatkan persentases sebesar 84,8% dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menandakan bahwa media yang dikembangkan bisa digunakan. Dari hasil Uji terbatas mendapatkan presentase kelayakan sebesar 81,7% yang termasuk kategori sangat baik, dan dari hasil respon guru yang menggunakan media dengan presentase 68% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Winna Dharmayanti, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

Dini Oktarika, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

References

Branch, R. M. (2009). Instructional design- the ADDIE approach. New York: Springer.

Diartono, D. A. (2008). Media pembelajaran desain grafis menggunakan photoshop berbasis multimedia. Semarang: Unisbank.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik dan. model pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Zamani, A. Z & Heru, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 4(1), 89-100.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Dharmayanti, W., & Oktarika, D. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK GURU IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 41–51. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1156