HASIL BELAJAR PEMOGRAMAN VISUAL I DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Ridho Dedy Arief Budiman IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1163

Keywords:

gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pemrograman visual I mahasiswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan desain penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV yang berjumlah 270 orang dan sampel penelitian sejumlah 159 orang dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, one way anova, independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar pemrograman visual 1 antar mahasiswa dari gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ridho Dedy Arief Budiman, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

References

Amin, A., & Suardiman, S. (2016). Perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar dan model pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12-19.

Deporter,B., & Hernacki,M. (2012). Quantum learning. Bandung: Kaifa

Gilakjani, A.P (2012). Visual, auditory, kinaesthetic learning styles and the impacts in English language teaching. Journal of Studies in Education, 2(1), 104-113.

Law, Sue & Glover, D. (2000). Educational leadership and learning practice, policy, and research. Philadelphia: Open University Press Buckingham.

Marcelino, M. (2004). Using a computer-based interactive system for the development of basic algorithmic and programming skills. International Conference on Computer Systems and Technologies. CompSysTech, 21, 171-187.

Purwanto, N. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi pengajaran. Jakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-08-02

How to Cite

Budiman, R. D. A. (2019). HASIL BELAJAR PEMOGRAMAN VISUAL I DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 105–113. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1163