Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an

Authors

  • Zainuddin Zainuddin Physics Education Program, Lambung Mangkurat University
  • Riana Dwi Astuti Physics Education Program, Lambung Mangkurat University
  • Misbah Misbah Physics Education Program, Lambung Mangkurat University http://orcid.org/0000-0002-8035-1702
  • Mustika Wati Physics Education Program, Lambung Mangkurat University
  • Dewi Dewantara Physics Education Program, Lambung Mangkurat University

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1539

Keywords:

Modul, ayat-ayat Al-Qur’an, model pembelajaran generatif, dan fluida statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi fluida statis menggunakan model pembelajaran generatif, ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Banjarmasin yang berjumlah 31 siswa. Data didapatkan dari lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) validitas modul berdasarkan lembar validitas dari aspek tampilan dan penyusunan diperoleh validitas dengan kategori baik, validitas RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berkategori baik, dan validitas tes hasil belajar berkategori sangat baik, 2) kepraktisan modul berdasarkan lembar keterlaksanaan RPP diperoleh kategori baik, dan 3) efektivitas modul berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa modul bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi fluida statis melalui model pembelajaran generatif layak digunakan dalam pembelajaran.

This study aims to describe the feasibility of modules containing verses from the Qur'an in static fluid material using generative learning models, in terms of aspects of validity, practicality, and effectiveness.This research is research and development using ADDIE development model (analyze, design, development, implementation, evaluation). The subjects of the research trial were students of class XI IPA 1 of SMA Negeri 10 Banjarmasin, totaling 31 students. Data were obtained from validation sheets, RPP implementation sheets, and student learning outcomes tests. The results obtained are 1) the validity of the module based on the validity sheet from the aspect of appearance and preparation obtained validity with good categories, the validity of the RPP is in good category, and the validity of the learning outcomes test is very good, 2) the practicality of the module based on the RPP implementation sheet was obtained in the good category, and 3) the effectiveness of the module based on the test of student learning outcomes is obtained in the medium category. It was concluded that the module containing Al-Qur'an verses on static fluid material through generative learning models is suitable for use in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Misbah Misbah, Physics Education Program, Lambung Mangkurat University

https://scholar.google.co.id/citations?user=UGfSsuwAAAAJ&hl=id&oi=ao

[Sinta ID: 53160] [Scopus ID: 57195480182] Physics Education Program, Lambung Mangkurat University

References

Agusti, D., Rahmatan, H., & Sulastri, S. (2019). Pengembangan modul pembelajaran sistem reproduksi berazaskan al-quran/hadis untuk meningkatkanmotivasi dan hasil belajar peserta didik. Edusains, 11(1), 132–140.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran bilingual berbasis komputer. Jurnal Kependidikan, 1(1), 12–13.

Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Awani, H. (2019). Pengembangan majalah biologi berbasis al-qur’an hadist pada mata pelajaran biologi untuk peserta didik kelas x di tingkat sma/ma. Biodik, 5(2), 164–172.

Aslamiyah, L., Nugroho, S. E., & Masturi. (2017). Pengembangan media pembelajaran komik fisika berbasis integrasi-interkoneksi nilai-nilai alquran. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 44–52.

Asysyifa, D. S., Sopyan, A., & Masturi. (2017). Pengembangan bahan ajar ipa berbasis komplementasi ayat-ayat sains quran pada pokok bahasan sistem tata surya. Unnes Physics Education Journal, 6(1), 44–54. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Cahyati, F., & Suseno, N. (2015). Pengembangan lks materi listrik statis berorientasi nilai al-qur’an untuk siswa kelas ix sekolah muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i2.252

Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam : Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

El-Fandy, M. J. (2013). Al-Qur’an tentang alam semesta. Jakarta: Amzah.

Fakhri, J. (2010). Sains Dan Teknologi dalam Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ta’dib, XV(01), 121–142.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 1(68), 64–74.

Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam-Sains Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–54.

Karlina, E., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2017). Penerapan model pembelajaran generative learning pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 92–96.

Kusjuriansah, K., & Yulianto, A. (2019). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis i-sets terkomplementasi karakter pada materi hukum gravitasi newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 120–132.

Mardayani, S., Hamdi, H., & Murtiani, M. (2016). Pengembangan bahan ajar fisika yang terintegrasi nilai-nilai ayat Al-Quran pada materi gerak untuk pembelajaran siswa kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 1(1), 39–47.

Mastuang, M., Misbah, M., Yahya, A., & Mahtari, S. (2019). Developing the physics module containing Quranic verses to train the local wisdom character. In Journal of Physics: IOP Conference Series (Vol. 1171, pp. 01201–1).

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Nisa, K., & Farhan, A. (2016). Pengaruh pembelajaran fisika berbasis Al-qur’an terhadap sikap spiritual siswa kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4), 202–207.

Nurhafizah, N., Zainuddin, Z., & An’nur, S. (2015). Pengembangan modul fisika kelas VII SMP/MTs berbasis interelasi Al-qur’an dan sains pada materi ajar kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.

Pranjono, A. R. (2015). Efektivitas model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran gambar teknik kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMKN 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 5(4).

Purwaningrum, S. (2017). Elaborasi ayat-ayat sains dalam Al-Quran: Langkah menuju integrasi agama dan sains dalam pendidikan. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 1(1), 124–141.

Purwo, W. (2016). Pengembangan modul fisika berbasis generative learninguntuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan.

Sharfina, S., Halim, A., & Safitri, R. (2017). Model pembelajaran generatif terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 102–106.

Susanti, E. D., Astuti, B., Syarifah, B. A., Popilaya, P., & Azizah, N. (2019). Analisis motivasi belajar siswa terhadap penggunaan bahan ajar fisika terkomplementasi ayat al-quran. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 169–174.

Wahyuni, A. I., B. Astuti, & D. Yulianti. (2017). Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Karakter. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 17–25.

Widoyoko, E. . (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yulianti, R., & Achyani, A. L. (2017). Pengembangan modul pengintegrasian nilai keislaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Univeristas Muhammadiyah Metro.

Downloads

Published

2020-06-27

How to Cite

Zainuddin, Z., Astuti, R. D., Misbah, M., Wati, M., & Dewantara, D. (2020). Pengembangan modul pembelajaran generatif materi fluida statis terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1539