Pengembangan media pembelajaran 3D untuk mata kuliah geologi dasar

Febrianto Sabirin, Mustofa Mustofa, Dewi Sulistiyarini

Abstract


Geologi Dasar merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk memberi dasar pengetahuan tentang bumi. Media pembelajaran yang digunakan pada Mata Kuliah Geologi Dasar di IKIP PGRI Pontianak masih terbatas dan diperlukan terobosan untuk membantu mahasiswa dalam memahmi materi Geologi Dasar. Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran 3D untuk Mata Kuliah Geologi Dasar, menguji kelayakan, dan melihat respon dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development  dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 36 mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran 3D untuk Mata Kuliah Geologi Dasar memperoleh kategori baik dari ahli materi dan kategori sangat baik dari ahli media, sementara respon dari mahasiswa memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran 3D untuk Mata Kuliah Geologi Dasar dinyatakan layak dan dapat diterapkan untuk Mata Kuliah Geologi Dasar.

Keywords


Media Pembelajaran, Media 3D, Mobile Learning, Geologi Dasa

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. N. (2019). The Effect of Prior Knowledge on Students’ Learning Outcomes on the Subject of Basic Science Concepts. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 158–160. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.39

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Aulia, S. C., Rusilowati, A., & Wahyudin, A. (2019). Development of Unity 3D Learning Media to Increase Students’ Learning Outcomes and ICT Literacy. Journal of Primary Education, 8(6), 307–313.

Bakri, F., Permana, H., Wulandari, S., & Muliyati, D. (2020). Student worksheet with ar videos: Physics learning media in laboratory for senior high school students. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 231–240. https://doi.org/10.3926/JOTSE.891

Baukal, C. E., Ausburn, F. B., & Ausburn, L. J. (2013). A Proposed Multimedia Cone of Abstraction: Updating a Classic Instructional Design Theory. I-Manager’s Journal of Educational Technology, 9(4), 15–24. https://doi.org/10.26634/jet.9.4.2129

Cakiroglu, U., & Yilmaz, H. (2017). Using Videos and 3D Animations for Conceptual Learning in Basic Computer Using Videos and 3D Animations for Conceptual Learning in Basic Computer Units. Contemporary Educational Technology, 8(4), 390–405. https://doi.org/10.30935/cedtech/6207

Clark, R. C., & Lyons, C. (2011). Grphics for Learning: Provens Guidelines for Planning, Designing, and Evaluating Visuals in Training Materials (2nd ed.). Pfeiffer.

Ezennia, I., Agbonome, P., Uwajeh, P., & Iyendo, T. (2016). The benefits of digital multimedia as a teaching and learning aid in architectural design studios. International Journal of Current Research, 8(9), Int. J. Curr. Res. https://www.researchgate.net/publication/309040003_The_benefits_of_digital_multimedia_as_a_teaching_and_learning_aid_in_architectural_design_studios

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–107. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Iqbal, P. (2016). Audiovisual Animasi Geologi Sebagai Alat Bantu Penyampaian Informasi Geologi Kepada Masyarakat. Majalah Pusdiklat Geologi, XIV(April), 31–33.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pegurusan Sekolah, 3(2), 139–144. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–96. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/viewFile/1778/1411

Kumar, B. S., Perumal, A., Kumar, C. M., Deepa, J., & Mai, M. R. C. (2016). 3-D Animation As an Effective Learning Tool. International Research Journal of Engineering and Technology, 3(11), 397–399. https://www.irjet.net/archives/V3/i11/IRJET-V3I1171.pdf

Lahay, R. J., & Mohamad, N. (2020). Peta Puzzle 3D Berbasis Mobile Augmented Reality Sebagai Prototipe Media Pembelajaran Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4675

Lee, J. Y., Donkers, J., Jarodzka, H., & van Merriënboer, J. J. G. (2019). How prior knowledge affects problem-solving performance in a medical simulation game: Using game-logs and eye-tracking. Computers in Human Behavior, 99(April), 268–277. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.035

Lee, S. J., & Reeves, T. (2007). Edgar Dale: A significant contributor to the field of educational technology. Educational Technology, 47(6), 56–59.

Murdowo, D., Rachmawati, R., Adriyanto, A. R., & Prahara, G. A. (2021). Perancangan Prototipe Mobile Learning “Wawasan Kebangsaan” berbasis Android bagi Milenial sebagai Solusi Pembelajaran Situasi Pandemi. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 375–388. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4517

Permana, R., Sabirin, F., & Feladi, V. (2016). Effect of Self Efficacy and Prior Knowledge on Students’ Skills. Journal Of Education, Teaching and Learning, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.26737/jetl.v1i2.43

Pratama, R., & Putri, R. D. M. (2020). Penerapan Animasi 3D pada Media Pembelajaran Mengenal Huruf Vocal untuk Anak 2-4 Tahun. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 1099. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020762175

Putera, I. K. A., Ardyanti, A. A. A. P., Fredlina, K. Q., Sujarwo, W., Satwika, I. P., & Pharmawati, M. (2020). Perancangan Aplikasi Media Interaktif berbasis Mobile sebagai Pengenalan Artefak Museum. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1), 43–62. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.2794

Putra, W. P., Indriyani, W., Muhammaduthor, F. P. B., & Nurcahyon, D. (2019). Aplikasi 3D Virtual Reality Menggunakan Unity Berbasis Mobile Sebagai Media Pengenalan Lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu. Jurnal MIPA, 8(3), 99–100. https://doi.org/10.35799/jmuo.8.3.2019.25584

Ridsa, A., Uca, S., & Suprapta. (2020). Effectiveness of the Use 3D Hologram Learning Media in Improving Student Learning Media in Improving Student Learning Outcomes in SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Geografi FMIPA Universitas Negeri Makassar, 18(3), 191–208.

Rifai, M. H. (2017). Pemilihan Media Dalam Pembelajaran Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 125–136. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/41

Suleman, M., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2019). Development of Media Three-dimensional (3D) Visualization using Virtual Reality on Chemistry Education. Journal of Physics: Conference Series, 1397(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1397/1/012034

Sulistiyarini, D., Ramadhani, D., & Sabirin, F. (2021). Developing Serious Video Games for Data Communication Courses. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21009/JTP2001.6

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. In UNY Press (1st ed.). UNY Press. https://www.researchgate.net/publication/332444168_Multimedia_Pembelajaran_Interaktif_Konsep_dan_Pengembangan/link/5cb5d017a6fdcc1d49985408/download

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Yelianti, U., Muswita, M., & Sanjaya, M. E. (2018). Development of Electronic Learning Media Based 3D Pageflip on Subject Matter of Photosynthetis in Plant Physiology Course. Biodik, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.5858

Yulsilviana, E., & Andrea, R. (2018). Media Pembelajaran Ilmu Batuan Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2018 (SENTIKA 2018), 389–394.

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424




DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Febrianto Sabirin, Mustofa Mustofa, Dewi Sulistiyarini

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.