Dampak augmented reality dalam media pembelajaran pada tingkat pendidikan atas
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7673Keywords:
Media pembelajaran, Augmented Reality, Kecerdasan BuatanAbstract
Perkembangan terbaru dalam teknologi pembelajaran terfokus pada integrasi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). AI memberikan solusi personal dan adaptif, sementara AR menawarkan pengalaman belajar interaktif dan menarik. Implementasi AR dalam pembelajaran telah terbukti meningkatkan pemahaman siswa dan merangsang pola pikir kritis mereka. Artikel ini mengevaluasi manfaat teknologi ini, serta tantangan dalam implementasinya, memberikan panduan bagi pendidik dan pengambil kebijakan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) dapat digunakan secara efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa AI dan AR dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan umpan balik visual langsung, mendukung pembelajaran fleksibel dimana saja. Umpan balik positif dari siswa dan pendidik menegaskan efektivitas teknologi ini sebagai media pembelajaran yang efisien dan inovatif.
Downloads
References
Ashari, S. A., Hermila, A., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran movie learning berbasis augmented reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Bahtiar, H., Muallifatunnafiah, H., & Nurhidayati, N. (2024). Pemanfaatan Software artificial intelligence dalam pengembangan media pembelajaran mengenal dan membaca bahasa aksara sasak berbasis mobile. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 7(1), 227–235. https://doi.org/10.29408/jit.v7i1.24237
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran dasar elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), hlm.267. http://journal.student.uny.ac.id/ojs
Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348
Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., & Gaol, P. L. (2023). Tantangan teknologi artificial intelligence pada kegiatan pembelajaran mahasiswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(9), 71-80.
Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan penggunaan artificial intelligence (ai) terhadap perkembangan teknologi pada pembelajaran Siswa SMA 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221–226. https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4890
Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan augmented reality sebagai media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia dalam mata pelajaran biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang. Skripsi, 1–222.
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01), 1–6.
Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Pemanfaatan augmented reality untuk pembelajaran pengenalan alat musik piano. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.1.2014.62-70
Ozdemir, M., Sahin, C., Arcagok, S., & Demir, M. K. (2018). The Effect of augmented reality applications in the learning process: A meta_analysis study. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2018(74), 165–186. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.74.9
Pradana, R. W. (2020). Penggunaan augmented reality pada sekolah menengah atas di indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 97. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2857
Putri, A. N., & Hasan, M. A. K. (2023). Penerapan kecerdasan buatan sebagai media pembelajaran bahasa arab di era society 5.0. Tarling: Journal of Language Education, 7(1), 69-80.
Rubini, & Herwinsyah. (2023). Penerapan artificial intelligence pada pembelajaran pendidikan Agama Islam Al-Manar. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 12(2), 79–89.
Saputra, H. N. (2020). The aplication of augmented reality in the teaching and learning 2. Syarat Media Augmented Reality. 7(2018), 92–97.
Sudaryanto, M. A. (2018). Aplikasi pengenalan fauna yang dilindungi menggunakan augmented reality berbasis android. J-Intech, 6(02), 194–201. https://doi.org/10.32664/j-intech.v6i02.251
Prasetiyo, T. K., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2017). Pengembangan media augmented reality untuk program keahlian teknik gambar bangunan di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037
Wahiddiyah, N. P., Luthfia, A. N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Pemanfaatan augmented reality dalam pembelajaran ips menyajikan informasi sejarah dengan realitas tambahan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 115–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36597
Yuen, S. C.-Y., Yaoyuneyong, G., & Johnson, E. (2011). Augmented reality: An overview and five directions for ar in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 4(1), 119–140. https://doi.org/10.18785/jetde.0401.10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Taufik Hidayat, Muhammad Jafar Siddiq, Sandika Jayasri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.