Dampak augmented reality dalam media pembelajaran pada tingkat pendidikan atas

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7673

Keywords:

Media pembelajaran, Augmented Reality, Kecerdasan Buatan

Abstract

Perkembangan terbaru dalam teknologi pembelajaran terfokus pada integrasi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). AI memberikan solusi personal dan adaptif, sementara AR menawarkan pengalaman belajar interaktif dan menarik. Implementasi AR dalam pembelajaran telah terbukti meningkatkan pemahaman siswa dan merangsang pola pikir kritis mereka. Artikel ini mengevaluasi manfaat teknologi ini, serta tantangan dalam implementasinya, memberikan panduan bagi pendidik dan pengambil kebijakan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) dapat digunakan secara efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa AI dan AR dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan umpan balik visual langsung, mendukung pembelajaran fleksibel dimana saja. Umpan balik positif dari siswa dan pendidik menegaskan efektivitas teknologi ini sebagai media pembelajaran yang efisien dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Taufik Hidayat, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Islam Syekh-Yusuf

Muhammad Jafar Siddiq, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik,Universitas Islam Syekh-Yusuf

Sandika Jayasri, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Ashari, S. A., Hermila, A., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran movie learning berbasis augmented reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448

Bahtiar, H., Muallifatunnafiah, H., & Nurhidayati, N. (2024). Pemanfaatan Software artificial intelligence dalam pengembangan media pembelajaran mengenal dan membaca bahasa aksara sasak berbasis mobile. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 7(1), 227–235. https://doi.org/10.29408/jit.v7i1.24237

Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran dasar elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), hlm.267. http://journal.student.uny.ac.id/ojs

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., & Gaol, P. L. (2023). Tantangan teknologi artificial intelligence pada kegiatan pembelajaran mahasiswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(9), 71-80.

Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan penggunaan artificial intelligence (ai) terhadap perkembangan teknologi pada pembelajaran Siswa SMA 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221–226. https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4890

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan augmented reality sebagai media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia dalam mata pelajaran biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Ningsih, M. F. (2015). Pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang. Skripsi, 1–222.

Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01), 1–6.

Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Pemanfaatan augmented reality untuk pembelajaran pengenalan alat musik piano. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.1.2014.62-70

Ozdemir, M., Sahin, C., Arcagok, S., & Demir, M. K. (2018). The Effect of augmented reality applications in the learning process: A meta_analysis study. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2018(74), 165–186. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.74.9

Pradana, R. W. (2020). Penggunaan augmented reality pada sekolah menengah atas di indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 97. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2857

Putri, A. N., & Hasan, M. A. K. (2023). Penerapan kecerdasan buatan sebagai media pembelajaran bahasa arab di era society 5.0. Tarling: Journal of Language Education, 7(1), 69-80.

Rubini, & Herwinsyah. (2023). Penerapan artificial intelligence pada pembelajaran pendidikan Agama Islam Al-Manar. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 12(2), 79–89.

Saputra, H. N. (2020). The aplication of augmented reality in the teaching and learning 2. Syarat Media Augmented Reality. 7(2018), 92–97.

Sudaryanto, M. A. (2018). Aplikasi pengenalan fauna yang dilindungi menggunakan augmented reality berbasis android. J-Intech, 6(02), 194–201. https://doi.org/10.32664/j-intech.v6i02.251

Prasetiyo, T. K., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2017). Pengembangan media augmented reality untuk program keahlian teknik gambar bangunan di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037

Wahiddiyah, N. P., Luthfia, A. N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Pemanfaatan augmented reality dalam pembelajaran ips menyajikan informasi sejarah dengan realitas tambahan. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 115–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36597

Yuen, S. C.-Y., Yaoyuneyong, G., & Johnson, E. (2011). Augmented reality: An overview and five directions for ar in education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 4(1), 119–140. https://doi.org/10.18785/jetde.0401.10

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Taufik Hidayat, Muhammad Jafar Siddiq, & Sandika Jayasri. (2024). Dampak augmented reality dalam media pembelajaran pada tingkat pendidikan atas. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(2), 111–119. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7673