Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kecerdasan logis matematis

Authors

  • Artha Taruji Borneo Hutagaol IKIP PGRI Pontianak
  • Jamilah Jamilah IKIP PGRI Pontianak
  • Muchtadi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7734

Abstract

Studi ini mengkaji hubungan di dalam spektrum kecerdasan logis-matematis dengan kapabilitas dalam menangani masalah matematika pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Sungai Kakap. Kajian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengikutsertakan enam siswa kelas X B yang dipilih secara purposif, mewakili tiga level kecerdasan logis-matematis. Temuan dikumpulkan melalui tes kecerdasan logis-matematis dan kecakapan menyelesaikan kesulitan matematika serta wawancara. Evaluasi informasi mengungkapkan adanya korelasi yang baik di dalam kecerdasan logis-matematis dengan keterampilan selama proses menangani permasalahan. Individu kecerdasan logis-matematis tinggi menunjukkan penguasaan penuh berkaitan dengan seluruh indikator kecakapan mengatasi kendala, sementara itu, individu dengan tingkat kecerdasan moderat memenuhi tiga indikator, dan siswa berdasarkan kategori kecerdasan rendah hanya memenuhi dua indikator. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan kecerdasan logis-matematis untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan masalah matematika siswa. Implikasi praktis dari temuan ini ialah referensi bagi tenaga pendidik dalam mengetahui cara siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan kecerdasan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, W. D., Mulyadi, D., Yunus, U., & Tadjudin, P. (2023). Pengaruh bimbingan konseling terhadap perkembangan kecerdasan, potensi dan kepribadian siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i4.232

Asmal, M. (2020). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30-36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122

Avwiri, E., & Okey, I. F. (2023). The role of mathematics knowledge in advancing learning of science in public junior secondary schools in Rivers States. Asian Journal of Education and Social Studies, 40(3), 28–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v40i3876

Camilleri, V. (2023). Designing GBL for higher education: Pitfalls & recommendations. European Conference on Games Based Learning, 17(1), 869-875. https://doi.org/10.34190/ecgbl.17.1.1900

Çetin, İ., Erümit, A. K., Nabiyev, V., Karal, H., Kösa, T., & Kokoç, M. (2023). The effect of gamified adaptive intelligent tutoring system artibos on problem-solving skills. Participatory Educational Research, 10(1), 344-374. https://doi.org/10.17275/per.23.19.10.1

Jaganathan, S., Bhuminathan, S., & Ramesh, M. (2024). Problem-based learning – An overview. Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences, 16(Suppl 2), S1435. https://doi.org/10.4103/jpbs.jpbs_820_23

Mariana, S. (2023). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan numerasi peserta didik di MTs Manahijul Huda [Skripsi, IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/11036/

Novitasari, D., Rahman, A., & Alimuddin, A. (2015). Profil kreativitas siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual spasial dan logis matematis pada siswa SMAN 3 Makasar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 41-50. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1315

Prengki, N., Jamilah, & Astuti, R. (2024). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal berdasarkan metode newman’s error analysis ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Math-UMB.EDU, 11(2), 94-102. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i2.5543

Sapri, H. A. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah polya ditinjau dari kecerdasan logis-matematis siswa kelas akselerasi SMP Negeri 6 Sengkang [Diploma, FMIPA]. https://eprints.unm.ac.id/12777/

Scheibe, D. A., Was, C. A., Dunlosky, J., & Thompson, C. A. (2023). Metacognitive cues, working memory, and math anxiety: The regulated attention in Mathematical Problem Solving (RAMPS) Framework. Journal of Intelligence, 11(6), 117. https://doi.org/10.3390/jintelligence11060117

Shamdas, G. (2023). Problem-Solving Skills for Middle School Students through the STEM-Based PBL Model. Symposium on Biology Education (Symbion), 3(0), 75-86. https://doi.org/10.26555/symbion.11697

Sugiarti, A. (2019). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan model problem based learning [Sarjana, Universitas Siliwangi]. http://repositori.unsil.ac.id/838/

Syarifah, S. (2019). Konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. Jurnal Sustainable, 2(2), 176-197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Utami, D. S., & Nawawi, M. (2019). Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(2), 92-101. https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1637

Wahyuni, R., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2024). How do math anxiety and self-confidence affect mathematical problem solving? TEM Journal, 550–560. https://doi.org/10.18421/TEM131-58

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish. https://webadmin-ipusnas.perpusnas.go.id/ipusnas/publications/books/173872/

Zulkarnain, I., & Nurbaiti, I. (2019). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5, 565. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3934

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Hutagaol, A. T. B., Jamilah, J., & Muchtadi. (2024). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(2), 120–129. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7734