Pengembangan powerpoint interaktif pada materi virus kelas X
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7780Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan PowerPoint interaktif pada materi Virus untuk kelas X SMA. Metode yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan lima tahapan, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, serta revisi desain. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi dengan aspek yang dinilai meliputi format, isi, bahasa, dan ilustrasi. Lembar validasi ini dinilai oleh lima validator dengan empat kriteria penilaian. Hasil validasi dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V, yang menghasilkan nilai kevalidan sebesar 0,93 dengan kategori valid. Selain itu, nilai reliabilitas menggunakan Intraclass Correlation Coefficients (ICC) menunjukkan nilai 0,779 dengan kategori baik. Media PowerPoint interaktif dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Virus untuk kelas X SMA/MA.
Downloads
References
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Ainiyati, N., Artharina, F. P., & Sulianto, J. (2023). Analisis penerapan media PowerPoint (PPT) interaktif terhadap minat belajar peserta didik materi penjumlahan dan pengurangan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4964–4971.
Aisyah, S., & Sirait, J. H. (2023). Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonis di SMA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(2), 308–319.
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (SMA) swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1–13.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD, 7(1), 127–136.
Daryanto, & Karim, S. (2016). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2012). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 materi pokok sistem reproduksi manusia. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Hendry, Y., Yeni, L. F., & Marlina, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Flash pada submateri struktur dan replika virus kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(10), 1–9.
Herunanda, A., Syamswisna, S., & Mardiyyaningsih, A. N. (2023). Kelayakan buku saku submateri keanekaragaman hayati berdasarkan tumbuhan upacara adat. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(1), 34–41.
Indriyana. (2018). Pengembangan media slide interaktif berbasis PowerPoint pada submateri invertebrata di SMA Negeri 1 Tekarang. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 18–31.
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan video pembelajaran IPA berbasis kontekstual di Manggarai untuk belajar siswa pada masa pandemi COVID-19. Lensa: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73.
Kadaruddin. (2016). Media dan multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Lesmana, C., & Santoso, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada SMP Negeri 03 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(1), 211–224.
Makaborang, Y. (2019). Evaluasi implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran biologi di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83.
Perinetti, G. (2018). StaTips Part IV: Selection, interpretation and reporting of the intraclass correlation coefficient. South European Journal of Orthodontics and Dentofacial Research, 5(1), 3–5.
Putri, N., Lufri, & Helmisdiati. (2021). Pengembangan media pembelajaran video berbasis Microsoft Office PowerPoint pada materi virus kelas X SMA/MA. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, 5, 6847–6855.
Sari, A. R., Syaripudin, T., & Murroh, F. S. (2023). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar kelas V tema 9 subtema 3. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10742–10748.
Sitepu, S. (2015). Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sufa, M. R. W. (2023). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar tematik siswa kelas III SD. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(4), 246–264.
Surahman, E., & Herman, D. S. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. N. F., Hidayatullah, R. S., Kurniawan, W. D., & Susanti, N. A. (2023). Pengaruh media PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar generasi Z siswa kejuruan. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya, 12(1).
Telaumbanua, L. S., & Lase, N. K. (2022). Pengembangan media interaktif PowerPoint pada materi virus dalam proses pembelajaran biologi kelas X SMA. Journal of Smart Society Adpertisi, 1(1), 33–45.
Wirangga, C., Ahda, Y., & Arsih, F. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada materi tekanan zat cair dan penerapannya dalam kehidupan. Bioeducation Journal, 2(2), 168–177.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(1), 61–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rafi Kurniawan, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.