Pengembangan powerpoint interaktif pada materi virus kelas X

Authors

  • Rafi Kurniawan Universitas Tanjungpura
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Universitas Tanjungpura
  • Afandi Afandi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan PowerPoint interaktif pada materi Virus untuk kelas X SMA. Metode yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan lima tahapan, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, serta revisi desain. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi dengan aspek yang dinilai meliputi format, isi, bahasa, dan ilustrasi. Lembar validasi ini dinilai oleh lima validator dengan empat kriteria penilaian. Hasil validasi dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V, yang menghasilkan nilai kevalidan sebesar 0,93 dengan kategori valid. Selain itu, nilai reliabilitas menggunakan Intraclass Correlation Coefficients (ICC) menunjukkan nilai 0,779 dengan kategori baik. Media PowerPoint interaktif dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Virus untuk kelas X SMA/MA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Ainiyati, N., Artharina, F. P., & Sulianto, J. (2023). Analisis penerapan media PowerPoint (PPT) interaktif terhadap minat belajar peserta didik materi penjumlahan dan pengurangan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4964–4971.

Aisyah, S., & Sirait, J. H. (2023). Pengembangan tes keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonis di SMA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(2), 308–319.

Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (SMA) swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1–13.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD, 7(1), 127–136.

Daryanto, & Karim, S. (2016). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2012). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash sebagai sumber belajar bagi siswa SMA/MA kelas XI semester 2 materi pokok sistem reproduksi manusia. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Hendry, Y., Yeni, L. F., & Marlina, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis Flash pada submateri struktur dan replika virus kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(10), 1–9.

Herunanda, A., Syamswisna, S., & Mardiyyaningsih, A. N. (2023). Kelayakan buku saku submateri keanekaragaman hayati berdasarkan tumbuhan upacara adat. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(1), 34–41.

Indriyana. (2018). Pengembangan media slide interaktif berbasis PowerPoint pada submateri invertebrata di SMA Negeri 1 Tekarang. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 18–31.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan video pembelajaran IPA berbasis kontekstual di Manggarai untuk belajar siswa pada masa pandemi COVID-19. Lensa: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73.

Kadaruddin. (2016). Media dan multimedia pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Lesmana, C., & Santoso, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada SMP Negeri 03 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(1), 211–224.

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran biologi di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130–145.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79–83.

Perinetti, G. (2018). StaTips Part IV: Selection, interpretation and reporting of the intraclass correlation coefficient. South European Journal of Orthodontics and Dentofacial Research, 5(1), 3–5.

Putri, N., Lufri, & Helmisdiati. (2021). Pengembangan media pembelajaran video berbasis Microsoft Office PowerPoint pada materi virus kelas X SMA/MA. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, 5, 6847–6855.

Sari, A. R., Syaripudin, T., & Murroh, F. S. (2023). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar kelas V tema 9 subtema 3. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10742–10748.

Sitepu, S. (2015). Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sufa, M. R. W. (2023). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar tematik siswa kelas III SD. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(4), 246–264.

Surahman, E., & Herman, D. S. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. N. F., Hidayatullah, R. S., Kurniawan, W. D., & Susanti, N. A. (2023). Pengaruh media PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar generasi Z siswa kejuruan. Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya, 12(1).

Telaumbanua, L. S., & Lase, N. K. (2022). Pengembangan media interaktif PowerPoint pada materi virus dalam proses pembelajaran biologi kelas X SMA. Journal of Smart Society Adpertisi, 1(1), 33–45.

Wirangga, C., Ahda, Y., & Arsih, F. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada materi tekanan zat cair dan penerapannya dalam kehidupan. Bioeducation Journal, 2(2), 168–177.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(1), 61–78.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Kurniawan, R., Panjaitan, R. G. P., & Afandi, A. (2024). Pengembangan powerpoint interaktif pada materi virus kelas X. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(2), 214–227. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7780