Penerapan model reciprocal teaching dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.7865Keywords:
Reciprocal Teaching, Metakognitif, Literasi Matematis, Persamaan DifferensialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi matematis mahasiswa pada mata kuliah persamaan differensial biasa (PDB) melalui penerapan Reciprocal Teaching dengan pendekatan metakognitif. Reciprocal Teaching merupakan pembelajaran menggunakan empat strategi pemahaman yaitu: merangkum dari bahan ajar, mencermati dan membuat pertanyaan, mencatat istilah atau konsep-konsep yang dijelaskan dan membuat catatan masalah yang kurang logis atau membuat kesimpulan. Penelitian ini menggunakan mixed method, yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman secara mendalam tentang kemampuan literasi matematis. Untuk desain penelitian ini ialah explanatory sequential, dengan mendahulukan fase kuantitatif kemudian dilanjuti dengan fase kualitatif. Desain yang digunakan pada fase kuantitatif yaitu Experimental Design Pre Test Post Test. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Untan semester genap tahun akademik 2023-2024. Instrumen penelitian menggunakan tes literasi matematis dan wawancara serta dokumentasi sehingga memperoleh data kemampuan literasi Mahasiswa yang kemudian data yang diperoleh diolah dengan uji t. Hasil dari uji T diperoleh sig .001 < .005 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Model Reciprocal Teaching dengan pendekatan metakognitif efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis mahasiswa. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari kelas dengan metode konvensional dan kelas bermetodekan Reciprocal Teaching dengan pendekatan metakognitif yang berarti kemampuan literasi matematis mahasiswa terjadi peningkatan.
Downloads
References
(OECD), O. for E. C. and D. (2023). Programme for international student assessment (PISA) 2022. Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD). https://www.oecd.org/en/about/programmes/pisa.html
Andini, D. A., Yani, A., & Sayu, S. (2023). Penerapan model reciprocal teaching untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Siantan. Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 374–380.
Askew M. (2012). Transforming primary mathematics. Routledge.
Asyhar, B., & Asmarani, D. (2016). Mengatasi kesulitan mahasiswa tentang materi persamaan diferensial menggunakan bimbingan beljaar indidvidual (face to face relationship) berbantuan program maple. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–30.
Bahr, D., & Gracia, L. . (2010). Elementary mathematics in anything but elementary: content and methods from a developmental perspective belmot. Congage Learning.
Beni, S., & Dores, O. J. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis keterampilan metakognisi dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis mahasiSWA. JPMI, 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/287178522.pdf
Danley, K. (2008). Mathematical proficiency (online). http://www.havasu.k12.az.us/pdf/staff_articles/math_proficiency.pdf
Didik, Sugeng, P. (2014). Berbagai alternatif model dan pendekatan dalam pembelajaran amtematika. 1(2), 39–45. https://doi.org/10.22342/JPM.1.2.812
Wiguna, D., Ihsanudin, I., & Khaerunnisa, E. (2020). Model reciprocal teaching terhadap kemampua literasi matematis dan self-efficacy Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 114–127. https://doi.org/10.56704/jirpm.v1i2.8128
Eka Firtia Ningsih, E. R. (2019). Prior knowledge in mathematics learning. SEMANTIK, 61.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458.
Hibatallah, M. I., Dahlan, U. A., & Surakarta, U. M. (2017). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah persamaan diferensial. KNPMP: Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2, 406–415.
Horst, E. (2004). Examining differences in student achievements in differential equations. PSU McNair Scholars Online Journal 1, 1(1), 165.
Mafarja, N., Mohaffyza, M., & Zulnaidi, H. (2023). Heliyon using of reciprocal teaching to enhance academic achievement : A systematic literature review. Heliyon, 9(7), e18269. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e18269
OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework.
Oktavia, A., Khotimah, R. P., Surakarta, U. M., & Surakarta, U. M. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 1, 99–108.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2023). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education: Vol. I.
Rejeki, S., & Setyaningsih, R. (2016). Kontribusi kemampuan kalkulus differensial dan kalkulus integral terhadap hasil belajar mata kuliah persamaan differensial. JIPMat, 1(1).
Rejeki, Sri, & Setyaningsih, R. (2016). Kontribusi kemampuan kalkulus differensial dan kalkulus integral terhadap hasil belajar mata kuliah persamaan diferensial. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 63–70.
Septian, F., & Widyatiningtyas, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis Siswa SMK. Intrermathzo, 3(2), 106–113.
Sitinjak, B. J. P. (2023). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar tematik siswa Kelas V SD Negeri. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(2), 16–25.
Tsurayya, A., & Kurnianingrum, N. J. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam menyelesaikan soal persamaan diferensial ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2385–2397.
Vermana, L., Zuzano, F., Studi, P., & Matematika, P. (2018). Peningkatan Hasil belajar persamaan diferensial mahasiswa pendidikan matematika dengan model pembelajaran flipped classroom. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(2), 23–34.
Yani, A. (2021). Memperkuat Kompetensi sosial melalui kemerdekaan pembelajaran siswa dengan model reciprocal teaching dalam mata kuliah matematika discrete (strengthening social competency through the independence of students’learning with reciprocal teaching models in di. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 1–8.
Yani, Ahmad, Agustami, Susianty, U. D., & Hodiyanto. (2022). Integration of character education in android-based m-learning media on problem-solving ability. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yani T, Nadya Febriani Meldi, Agus Winarji, Metia Novianti, Mahmuda Sumarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.