Model pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi virtual class guna meningkatkan literasi digital mahasiswa

Authors

  • Firsty Oktaria Grahani Universitas Wijaya Putra
  • Surya Priambudi Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.8174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa. Urgensi penelitian model pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi virtual class memungkinkan dalam peningkatan interaksi dan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan Research & Development dengan pendekatan ADDIE yang bertujuan mengembangkan model pembelajaran hybrid dengan menggunakan aplikasi virtual class untuk meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia Semester Gasal tahun ajaran 2024/2025 di Universitas Wijaya Putra dengan jumlah sampel 223 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi virtual class cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa Universitas Wijaya Putra. Meskipun mahasiswa telah mahir memanfaatkan media digital untuk mencari informasi, namun kemampuan mereka dalam mengevaluasi kualitas informasi, seperti menelusuri sumber, membandingkan data, dan menyusun informasi secara kritis. Keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran hybrid. Dosen dapat menggunakan teknik diskusi kelompok kecil, kuis interaktif, dan proyek kolaboratif yang melibatkan mahasiswa secara pembelajran hybrid sehingga akan membantu menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaro, L., Rivera, C., & Luna-Urquizo, J. (2019). Using project-based learning in a hybrid e-learning system model. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(10).

Alsowat, H. H. (2022). Hybrid learning or virtual learning? Effects on students’ essay writing and digital literacy. Journal of Language Teaching and Research, 13(4), 872–883.

Amanda, A. V., Lestari, F. I., Insani, R. D., & Dafit, F. (2022). Integratif diferensiasi penerapan membaca. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(1), 53–58.

Boli, P. K., & Leon, T. (2024). Pengaruh budaya literasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Santa Angela Atambua tahun ajaran 2023/2024. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI, 1(2), 239–245.

Borovcnik, M., & Kapadia, R. (2009). Research and developments in probability education. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(3), 111–130.

Grahani, F. O., Agustin, A., Lailiyah, A. F., & Rahardjo, N. V. (2024). Regulasi diri pada mahasiswa reguler dan mahasiswa bekerja di tahun pertama kuliah. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 19(1), 56–66.

Jaya, F., & Sucipto, S. (2023). Digital literacy, academic self-efficacy, and student engagement: Its impact on student academic performance in hybrid learning. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(3), 458–470.

Kamil, F. (2022). Analisis penerapan pembelajaran hybrid pada hasil belajar kognitif mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN, 1(1). https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1359

Martín, C., Moreno Segarra, I., Ibáñez, M. A., Mira, S., Fajardo, C., & González-Benito, M. E. (2021). Effectiveness of a hybrid project-based learning (H-PBL) approach for students’ knowledge gain and satisfaction in a plant tissue culture course. Education Sciences, 11(7), 335.

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–37.

Nasrawati, N., Qadrianti, L., Nurjannah, N., Ningsih, D. A., & Islamiah, N. (2022). Penguatan literasi digital melalui hybrid learning di Prodi PGMI. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.834

Nugraha, D. (2022). Literasi digital dan pembelajaran sastra berpaut literasi digital di tingkat sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318

Priyambudi, S., & Murdani, M. H. (2020). The development of e-learning model for college students in the industrial era 4.0. Journal of Education and Practice, 11(31), 68–78. https://doi.org/10.7176/jep/11-31-09

Priyambudi, S., Probowati, Y., & Harist, M. (2023). Pengembangan aplikasi virtual class untuk meningkatkan kompetensi literasi digital mahasiswa menuju era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 10(1), 36–47.

Priyambudi, S., Setyowati, Y., Rifayanti, Z. E. T., & Murdani, M. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran daring untuk meningkatkan efektivitas belajar di perguruan tinggi Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, 314–328.

Setyowati, Y., & Probowati, Y. (2022). Pengembangan aplikasi virtual class sebagai upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi mahasiswa STKIP Bina Insan Mandiri. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR, 5, 1–10.

Supriyono, Y., Saukah, A., Latief, M. A., Widiati, U., & Suryati, N. (2020). EFL learners’ self-regulated learning in a technology-mediated language learning setting. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(10).

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Firsty Oktaria Grahani, & Surya Priambudi. (2024). Model pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi virtual class guna meningkatkan literasi digital mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(2), 154–164. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i2.8174