PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERMUATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MATERI BILANGAN BULAT

Authors

  • Siti Zaenah Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak
  • Hodiyanto Hodiyanto Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

scrapbook, problem posing, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa scrapbook bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian yang menggunakan model rancangan 4D oleh Thiagarajan yang dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII B MTs AL-IRSYAD Pontianak yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli materi, angket respon siswa dan angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi scrapbook bermuatan problem posing mencapai kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 82,27%.  Hasil perhitungan dari angket respon guru dan siswa diperoleh rata-rata persentase 83,02% dengan kriteria sangat praktis dan untuk keefektifan diperoleh rata-rata persentase 81,25% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa scrapbook bermuatan problem posing yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Zaenah, Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

Yudi Darma, Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

Hodiyanto Hodiyanto, Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak

References

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, M. (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Edukasi, 14 (1) 169-178.

Darma, Y, & Sujadi, I. (2014). Strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif dan investigasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas siswa madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA, 15 (2), 110-119.

Dewi, K, T, & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (1), 19-25.

Hamdani. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pstaka Setia.

Hendriana, H. dkk. (2017). Hard skill dan soft skills mateatika siswa. Cimahi: Aditama.

Hodiyanto & Susiaty, U, D. (2018). Peningkatan kemampuan pembuktian matematis melalui model problem posing. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 (1): 128.

Rosihah, I, & Pamungkas, S, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis konteks budaya banten pada materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4 (1): 35-49.

Siahaan, M, E., Dewi S., & Said, B, H. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya ditinjau dari gaya kognitif field dipendent dan field independent pada pokok bahasan trigonometri kelas X SMA N 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 233-242.

Downloads

Published

2019-11-20

How to Cite

Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto, H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERMUATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MATERI BILANGAN BULAT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 7–14. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1343