PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI MEMBUAT PRESENTASI DENGAN MICROSOFT POWER POINT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
Keywords:
Problem solving, problem based learning, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan problem based learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tinjau Dari Kemampuan Awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Factorial Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Jawai. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah tes soal berbentauk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data kuantitatif anova dua jalur. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran problem solving dan problem based learning pada materi microsoft power poin; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada materi microsoft power poin; (3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada materi microsoft power poin.
Downloads
References
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan jilid 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Baro, Salatiga. (2016). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMPN 2 Beduai dalam materi operasi pecahan ditinjau dari gaya belajar siswa: Skripsi Pendidikan IKIP PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.
Fadillah. (2008). Representasi dalam pembelajaran matematika. Retrieved from http://fadillahatick.blogspot.com./ 2008/06/representasi-matematik.html.
Ghufron, M., N. dan Risnawita, R., S. (2014). Gaya belajar kajian teoritik Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jihad, A., dan Haris, A. (2008). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Leonardo, B., P. (2010). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran komputer (KK6) di SMKN 2 Wonosari Yogyakarta.
Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mahmud. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Nawawi, H. (2015). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rusman. (2016). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metedologi penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Tung, K. Y. (2015). Pembelajaran dan perkembangan belajar. Jakarta: PT. Indeks
Wagiyono, A., F., Surati dan Irene, S. (2008). Pegangan belajar matematika 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.
Yeti, Nurhayati. (2013). Meningkatkan kemampuan representasi dan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendeatan pendidikan matematika realistik. Retrieved from http://repository.upi.edy/8265/1/t_mtk_1009506_table_of_content.pdf.
Zufdafridal. (2012). Penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Yuma Pusaka.