PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DI PUSKESMAS XYZ

Authors

  • Alfred Yulius Arthadi Putra Jurusan Teknik Informatika, STMIK Widya Dharma

Keywords:

sistem informasi, pengembangan waterfall, rekam medis

Abstract

Penggunaan sistem komputer dapat mempermudah penyediaan informasi yang akurat karena dapat menghindari kegiatan pencatatan yang berulang-ulang. Penggunaan sistem komputer dapat digunakan dalam berbagai kegiatan penting, salah satunya dalam pengolahan data pasien di puskesmas. Dengan digunakannya sistem komputerisasi sebagai suatu pengolahan data, maka poliklinik atau puskesmas dapat memperoleh prosedur kerja yang baik, serta laporan kegiatan yang lebih akurat dan jelas. Dalam pengembangan sistem informasi rekam medis pasien ini digunakan dengan menggunakan metodologi waterfall dengan berdasarkan kebutuhan sistem yang telah didefinisikan. Untuk metode analisisnya digunakan Object Oriented Analysis Design dimana proses sistem digambarkan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pada penelitian ini diterapkan metode waterfall dalam penerapan sistem informasi rekam medis di Puskesmas XYZ. Sistem Informasi Rekam Medis yang dikembangkan dapat menghasilkan berbagai laporan berupa laporan rekam medis pasien, laporan diagnosa pasien, laporan kartu pasien berobat dan laporan pengeluaran obat. Penelitian ini menghasilkan penerapan suatu sistem informasi rekam medis pasien dengan menggunakan metode waterfall yang dapat membantu proses pengolahan data rekam medis pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Alfred Yulius Arthadi Putra, Jurusan Teknik Informatika, STMIK Widya Dharma

Jurusan Teknik Informatika, STMIK Widya Dharma

References

James, A. O’Brien and George, M. Marakas. (2010). Introduction to information systems. Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Joseph S. V., Joey, F. George, and Jeffrey, A., Hoffer. (2011). Essentials of systems analysis and design. Pearson Education, Inc.

Purwandoko, P., H. (1996) . Aspek Hukum Rekam Medis. Jurnal Yustisia.

Gondodiputro, S. (2007) . Rekam Medis dan Sistem Informasi Kesehatan di Pelayanan Kesehatan Primer (PUSKESMAS).

Roger S. P. (2010). Software engineering : a practitioner’s approach. McGraw-Hill Companies, Inc.

Sommerville, I. (2011). Software engineering. Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2019-11-20

How to Cite

Putra, A. Y. A. (2019). PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DI PUSKESMAS XYZ. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 68–79. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1354