PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING (CTL) UNTUK SISWA SMPN 1 BONJOL

Ennike Gusti Rahmi, Rini Silvina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun pratikum berbasis Collaborative Teamwork Learning pada materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Bonjol yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian pengembangan (Develpomental research), Model pengembangan berupa model prosedural yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket lembar validasi, angket lembar pratikalitas, rubrik penilaian afektif dan psikomotor. Tekhnik analisa data dengan menggunakan statistik deskriptif. Angket validitas dan praktikalitas disusun menurut skala likert. Untuk efektifitas dengan melihat hasil belajar. Hasil uji validitas keseluruhan diperoleh nilai persentase 84,98% dengan kriteria valid, Hasil uji praktikalitas guru keseluruhan diperoleh nilai persentase 82,81% dengan kriteria praktis, Hasil uji praktikalitas siswa keseluruhan diperoleh nilai persentase 80,51 % dengan kriteria praktis. Uji efektivitas penggunaan penuntun praktikum IPA berbasis Collaborative Teamwork Learning yang diketahui melalui aktivitas siswa, motivasi, dan hasil belajar siswa telah dihasilkan penuntun praktikum IPA berbasis Collaborative Teamwork Learning yang efektif.


Keywords


Penuntun praktikum; Collaborative Teamwork Learning

Full Text:

PDF

References


Fitriani, R. 2015. Pengembangan penuntun praktikum berorientasi gambar pada materi jaringan untuk kelas VII SMP. Jurnal STKIP PGRI Sumatera Barat Hal 1.

Frances, M. (2008). Stages of group developmentā€“A pcp approach. Personal Construct Theory & Practice. Retrieved from http://www.pcp-net.org

Jiwa, W., M, Atmadja, N., B., & Yudana, M. (2013). Pengaruh model collaborative teamwork learning terhadap motivasi dan prestasi belajar sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Amlapura. E-Journal Pendidikan Ganesha, Volume 4 Nomor 3 Halaman 119-126.

Nieveen. (2007). An introduction to educational design research. Proceedings Of The Seminar Conducted At The East China Normal University. Pp. 23-26.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, M. N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakrya.

Rohaeti, E. E. (2008). Pembelajaran dengan pendekatan eksplo-rasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sekolah menengah pertama. Disertasi. Bandung: UPI.

Susantini, E. (2012). Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Hal 1-13.

Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.