EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA DI SINGKAWANG

Authors

  • Safina Arista Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak
  • Handy Darmawan Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak
  • nurussaniah nurussaniah Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

efektivitas, simulasi virtual, power point, gerak harmonis sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan media simulasi virtual dalam pembelajaran langsung, hasil belajar siswa setelah diterapkan media power point dalam pembelajaran ekspositori, perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan media simulasi virtual dalam pembelajaran langsung dengan media power point dalam pembelajaran ekspositori dan seberapa besar efektivitas penggunaan media simulasi virtual dalam pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian quasi experimental design dan rancangan penelitian yaitu posttest only nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas X MAN 1 Singkawang tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa MAN 1  Singkawang kelas X IPA 1 dan X IPA 3 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang berbentuk soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan media simulasi virtual dalam pembelajaran langsung dengan rata-rata 66,09 tergolong tinggi, hasil belajar siswa setelah diterapkan media power point dalam pembelajaran ekspositori dengan rata-rata 49,85 tergolong rendah, hasil uji hipotesis menggunakan uji U Mann Whitney untuk media simulasi virtual dalam pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikasinya 0,000 kurang dari  (P-Value  0,000<0,005 ) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan hasil uji effect size diperoleh nilai efektivitas sebesar 1,22 tergolong tinggi sehingga media simulasi virtual dalam pembelajaran langsung efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Safina Arista, Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

Handy Darmawan, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

nurussaniah nurussaniah, Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak

References

Anisah. (2013). Keefektifan virtual laboratory terhadap hasil belajar siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (1), 4.

Arianti, B., I, dkk. (2016). Pengaruh model direct instruction berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2 (4), 163.

Arsyad. A. (2011) Media pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press.

Darmayanti. (2016). Penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di kelas X SMK negeri 5 telkom Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam: Diterbitkan

Dewi, S.M. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (03).

Munadi. Y. (2010). Media pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada Press.

Prapanca, A., & I Made Suartana (2017). Simulasi virtual laboratorium untuk pengajaran jaringan komputer. Journal Information Engineering and Educational Technology. 01 (02), 90.

Simbolon, D.H. (2013). Efek model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMA Methodist 1 Medan. Tesis. Universitas Negeri Medan.

Sumargo, E., & Leny, Y. (2014). Penerapan media laboratorium virtual (PhET) pada materi laju reaksi dengan model pengajaran langsung. Unesa Journal Of Chemical Education, 3 (1), 119-133.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif edisi ke 4. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-11-20

How to Cite

Arista, S., Darmawan, H., & nurussaniah, nurussaniah. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA DI SINGKAWANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 88–96. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1356