EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM ALAT-ALAT PERTANIAN TRADISIONAL SUKU DAYAK KAYONG KECAMATAN NANGA TAYAP KABUPATEN KETAPANG
Keywords:
eksplorasi konsep matematika, alat-alat pertanian tradisional, suku dayak kayongAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi konsep matematika dalam alat-alat pertanian tradisional suku Dayak Kayong Kecamatan Nanga Tayap Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian lapangan ini menemukan dan mendeskripsikan hasil eksplorasi konsep matematika pada alat-alat pertanian. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pada pertanian tradisional terdapat konsep matematika yang dapat dijadikan alat penunjang pembelajaran di Sekolah yaitu alat-alat yang digunakan pada aktivitas bercocok tanam mengandung unsur-unsur matematika diantaranya konsep geometri serta teknik membilang.
Downloads
References
Sugin, A. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada pertanian tradisional suku dayak taman. Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak.
Alloy, et. Al. (2018). Mozaik Dayak: keberagaman subsuku dan bahasa dayak di kalimantan bara. Jakarta: Institut Dayakalogi.
Laurens, T. (2016). Analisis etnomatmatika dan penerapannya dalam meningkatkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Prodi Pend.Matematika STKIP PGRI Sumbar, 3 (1), 86-96.
Nawawi, H. (2015). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang mi. Jurnal ilmiah“ Pendidikan Dasarâ€, 4 (1), 21-31.
Rachmawati, M. R. (2016). Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarkat lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221-230.
Van de Walle, John A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah, pengembangan pengajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono, 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.