PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TRACKER DALAM PENENTUAN VISKOSITAS AIR MENGGUNAKAN METODE OSILASI TEREDAM
Keywords:
Pembelajaran fisika, osilasi teredam, tracker, viskositasAbstract
Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi komputer. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu aplikasi tracker. Tracker telah digunakan pada percobaan ini untuk menentukan viskositas air. Metode yang digunakan adalah metode osilasi teredam pada pegas. Digunakan massa beban sebesar (98,86 ± 0,005) gr, zat cair sebagai peredam yaitu air. Osilasi teredam direkam kemudian video dianalisis menggunakan aplikasi tracker. Grafik simpangan terhadap waktu dianalisis menggunakan fitur fit builder untuk mendapatkan nilai konstanta redaman yang dihubungkan dengan dengan gaya Stokes. Hasil yang diperoleh yaitu nilai viskositas air mengunakan tracker memiliki nilai (1,74 × 10-3) N.s/m2 yang mendekati dengan nilai viskositas referensi (1,00 × 10-3) N.s/m2. Percobaan viskositas berbasis tracker mudah dilakukan serta menghasilkan hasil data yang dianalisis dengan cara yang tidak rumit, sehingga cocok digunakan sebagai alternatif pembelajaran fisika.
Downloads
References
Asrizal, A., Hendri, A., Hidayanti, H., & Festiyed, F. (2018). Penerapan model pembelajaran penemuan mengintegrasikan laboratorium virtual dan hots untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah, Universitas Negeri Padang, 49–57.
Habibbulloh, M., & Madlazim, M. (2014). Penerapan metode analisis video software tracker dalam pembelajaran fisika konsep gerak jatuh bebas untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 15–22.
Hadiyanti, D. R., Mahardika, I. K., & Astutik, S. (2018). Efektivitas model pbl berbantuan simulasi phet untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, ISSN : 2527-5917, 3(2), 119–124.
Marliani, F., Wulandari, S., Fauziyah, M., & Nugraha, M. G. (2015). Penerapan analisis video tracker dalam pembelajaran fisika sma untuk menentukan nilai koefisien viskositas fluida. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 333–336.
Oktova, R., & Diana, N. (2013). Penentuan koefisien viskositas air menggunakan metode getaran pegas dengan koreksi kedalaman penetrasi dan koreksi efek dinding. Berkala Fisika Indonesia, 5(1), 25–34.
Salim, M. B. (2014). Mengetahui pengaruh koefisien viskositas akuades terhadap variasi diameter tabung menggunakan adobe audition 1.5. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2).
Saliruddin, S., Haryoko, S., & Jaya, H. (2019). Pengembangan media praktikum berbasis labview untuk meningkatkan pencapaian kompetensi berorientasi industri siswa SMK. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM.
Sanit, G. P. (2018). Penentuan koefisien redaman osilasi pegas dalam larutan sirup menggunakan analisis video dengan software tracker. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Serway, R. A., & Jewett, J. J. (2009). Fisika untuk sains dan teknik. Jakarta: Salemba Teknik.
Tipler, P. A. (1998). Fisika untuk sains dan teknik. Jakarta: Erlangga.
Tirtasari, Y., Latief, D. F. E., & Amahoru, A. H. (2016). Penggunaan teknik video tracking untuk mengamati fenomena osilasi terredam pada pegas. Prosiding SNIPS 2016, 785–794.
Young, H. D., & Freedman, R. A. (2002). Fisika universitas. Jakarta: Erlangga.