PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOPHYS BERBASIS TPCK PADA MATERI HUKUM KEPLER KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SUNGAI RAYA

Authors

  • Suci Nurjuwita SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya
  • Handy Darmawan Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas P.MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • Boisandi Boisandi Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas P.MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Media Pembelajaran, Kerangka TPCK, Respon Siswa, Hukum Kepler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan serta kelayakan media pembelajaran GOPHYS menurut ahli materi dan ahli media, serta untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran GOPHYS berbasis kerangka kerja TPCK. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) berupa media pembelajaran berbasis kerangka TPCK pada materi hukum kepler. Metode pengembangan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Luther-Sutopo. Model Luther-Sutopo adalah model pengembangan media pembelajaran yang terdiri dari 6 tahapan yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (uji coba) dan distribution (menyebarluaskan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) kelayakan media pembelajaran GOPHYS dari hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 78% dengan kategori layak dan kelayakan media pembelajaran GOPHYS dari hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 77% dengan kategori layak 2) respon siswa terhadap media pembelajaran GOPHYS mendapatkan skor rata-rata 78% dengan kategori menarik. Dengan demikian, media pembelajaran GOPHYS berbasis kerangka TPCK pada materi hukum kepler yang di kembangkan layak di gunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suci Nurjuwita, SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya

SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya

Handy Darmawan, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas P.MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas P.MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Boisandi Boisandi, Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas P.MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas P.MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

References

David NP, M.Cholik. (2014). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS 5 Pada Mata Diklat Gambar Tehnik Di Kelas X TPM SMK Krian 1 Sidoarjo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Iwan Binanto. (2010). Multimedia digital dasar teori dan pengembangannya.Yogyakarta : Penerbit Andi

Junita. (2014). Aplikasi pembelajaran mata pelajaran fisika tingkat sekolah menengah atas dengan metode computer assisted Instruction.

Kusminarko Warno. (2012). Pengembangan media pembelajaran membuat pola celana berbasis adobe flash pada siswa kelas XI busana butik Di SMK Negeri 2 Godean. Yogyakarta: Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2019-11-20

How to Cite

Nurjuwita, S., Darmawan, H., & Boisandi, B. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOPHYS BERBASIS TPCK PADA MATERI HUKUM KEPLER KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SUNGAI RAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 143–150. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1362