KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERANGKAT KERAS INTERNET DI TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Vindo Feladi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Examples Non Examples, Picture And Picture, motivasi dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non-Examples dan Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras internet ditinjau dari motivasi belajar di kelas XI SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, bentuk factorial design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes bentuk soal pilihan ganda dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anava dua jalur. Hasil uji anava menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan Picture and Picture pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1  Beduai Kabupaten Sanggau dengan model Examples Non Examples, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar  rendah pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau, 3) Terdapat interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau dengan nilai Model Examples Non Examples.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vindo Feladi, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

References

Amalia, A. V., & Bintari, S. H. (2016). Penerapan model picture and picture pada pembelajaran bioteknologi untuk meningkatkan soft skill konservasi pada mahasiswa IPA Unnes. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan metode pembelajaran example non example untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar pemesinan. Taman vokasi, 6(1), 98-106.

Prasetyo, E., Widyawati, S., Masykur, R., & Putra, F. G. (2018). Pengaruh pembelajaran picture and picture (PaP) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spasial. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 50-61.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4(1), 1-14.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Septaningsih, S., Yulina, H., & Sudirman, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi, 8(2).

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ulfa, S. M., Sabrun, S., & Agusfianuddin, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas Viia Smpn 3 Sikur Pada Materi Pokok Pecahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Media Pendidikan Matematika, 5(1), 100-105.

Wati, N. W. S. A., Wiyasa, I. K., & Asri, I. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Example Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 262-270.

Widiyanti, L. P. H., Agustini, K., Si, S., Si, M., & Divayana, D. G. H. (2016). Studi komparatif pembelajaran kooperatif tipe scramble dan tipe picture and picture terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 5(2).

Wirdiarti, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa (Doctoral dissertation, UPT. Perpustakaan).

Downloads

Published

2019-11-20

How to Cite

Feladi, V. (2019). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERANGKAT KERAS INTERNET DI TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 151–160. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1363