PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI ENERGI LISTRIK DI SMPN 1 JONGKONG
Keywords:
pengembangan, alat peraga, kapal tenaga surya, energi listrikAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan alat peraga pada materi energi listrik dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jongkong?â€. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan alat peraga pada materi energi listrik dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jongkong. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development Borg & Gall (2003). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Jongkong Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 peserta didik. Hasil identifikasi alat peraga yang dikembangkan sebagai media pembelajaran yaitu “Kapal Tenaga Surya (KTS)†diimplementasikan dalam pembelajaran materi energi listrik. Menentukan efektivitas pembelajaran melalui soal pretest dan posttest. Berdasarkan perhitungan uji-t diketahui bahwa taraf signifikansinya = 0,000 < α 0,05. Artinya, pembelajaran dengan menggunakan alat peraga KTS yang dikembangkan efektif. Melalui perhitungan Effect Size (ES), di peroleh nilai ES = 1,07 yang berarti efektivitas alat peraga digolongkan dalam kriteria Tinggi.
Downloads
References
Aina, J.K. & Akintunde, Z.T. (2013). Analysis of gender performance in physics colleges of education, Nigeria. Journal of Education and Practice, 4(6). ISSN 2222-288X.
Aina, J.K. (2013). Instructional Materials and Improvisation in Physics Class: Implications for Teaching and Learning. IOSR journal of research & method in education (IOSR-JRME).
Akram, S., Sufiana, & Malik, K. (2012). Use of audio visual aids for effective teaching of biology at secondary schools level. Education Leadership, 50, 10597–10605.
Fadli, Arizal.,Suhrno.,Akhmad,A.M. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education Untuk Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Nasioanal.Surakarta: Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
Gulo, Murnilah. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Gerak Melingkar Di Kelas X-5 SMA Negeri 3 GunungSitoli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014-2015. Jurnal Wahana Inovasi,6 (1).
Husnul,I.S,dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Sainsmat Vol 4 (1).
Hutauruk,Pindo & Rinci Simbolon. 2018. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 14 Simnolon Purba. SEJ (school Education Journal) Vol. 8(2).
Lari, A.S. 2016. Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016 VOLUME V.
Mahnun,Nunu.(2012).Media Pembelajaran Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).
Malikha, D. R. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dan Kemampuan Akademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Peserta didik Jurusan Mesin SMKN 1 Jenangan Ponorogo (Doctoral dissertation, Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPsUM).
Naharani, Meyrika. 2017. Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Iquiry Discovery Learning (IDL)Terbimbing. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5 (3).
No, U. U. (20). Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
Oladejo, M.A, Olosunde,G.R, Ojebisi,A.O & Isola,O.M. (2011). Instructional materials and students’ academic achievement in physics: some policyimplications. European Journal of Humanities and Social Sciences.
Pandian, A., & Baboo, S. B. (2011). Transforming literacy in Malaysian schools: Teachers,changes & the agenda on learning by design. International Journal of Learning, 17(11),63–86.
Peraturan Presiden (perpres) Nomor 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019.
Sudarwanto,I,H 2014. Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Sarwahita Volume 11 (1).
Sudjana. (2009). Berbagai Media Gambar Sebagai Alat Peraga. Jakarta: Pustaka.
Suganda, Tomy, dkk. (2019). Pengembangan Alat Peraga Sebagai media Pembelajaran Materi energy listrik Di SD Negeri 11 Danau Kandung Suli. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). Vol 8 (6).
Tang D. K. H., & Intai, R. (2017). Effectiveness of audio-visual aids in teaching lower secondary science in a rural secondary school. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 32, 91–106. https://doi.org/10.21315/apjee2017.32.7
Wahyuningsih,Sri. 2005. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga IPA (Fisika) Kelas I SLTPN Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Vol.7(2).
Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani.Yogyakarta: Laksitas.
Widodo, Slamet. 2017.Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan ilmu sosialn JPIS volume 26 (2).