PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DAN MODEL EKSPOSITORI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Authors

  • Handi Darmawan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

model siklus belajar empiris induktif, model ekspositori, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar penerapan model siklus belajar empiris induktif dan model ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada materi struktur dan fungsi sistem peredaran darah kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Factorial Design dan rancangan penelitian Factorial Design 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI A dan XI C sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran berupa tes essay. Berdasarkan hasil uji statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sistem peredaran darah yang diterapkan model siklus belajar empiris induktif yaitu 78,05 dan rata-rata hasil belajar diterapkan model ekspositori yaitu 71,13. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa; 1) diperoleh P-value 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh model siklus belajar empiris induktif dan model ekspositori terhadap hasil belajar; 2) diperoleh P-value 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh Kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar; 3) diperoleh P-value 0,004 < 0,05, maka terdapat interaksi antara Model Siklus Belajar Empiris Induktif dan Model Ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Handi Darmawan, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

References

Astuti, Novita Fuji. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Ayat Jurnal Penyesuaiaan. Artikel Penelitian Universitas Tanjung Pura: Diterbitkan

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian Surakarta.UNS:Press.

Nugraha,Arief J,dkk.(2017).Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Melalui Model PBL.Journal Of Primary Education (JPE),6 (1):35-43.

Pratiwi, (2013). Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Polombangker Utara Kabupaten Takalarâ€. Jurnal Pendidikan Fisika, 2:3

Satria, H. (2015). Penerapan Model Inkuiri & Ekspositori pada Pembelajaran Materi Ajar. Jurnal Dinamika, 5 (3), 14-19.

Downloads

Published

2019-11-22

How to Cite

Darmawan, H. (2019). PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DAN MODEL EKSPOSITORI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 184–191. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1374