PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK KOMIK UNTUK SISWA KELAS VII SMPN

Authors

  • Tiara Fikriani Pendidikan Matematika, STKIP Ahlussunnah
  • Mirda Swetherly Nurva Pendidikan Matematika, STKIP Ahlussunnah

Keywords:

bahan ajar, matematika, validitas, praktikalitas, efektivitas

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan bahan ajar matematika berbentuk komik untuk siswa kelas VII SMPN. Penggunaan Bahan Ajar dalam proses pembelajaran merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Bahan ajar yang diberikan kepada siswa harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototype, dan fase penilaian. Hasil yang dipeoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas Bahan Ajar dinyatakan sangat valid pada aspek materi dan aspek desain bahan ajar (2) Praktikalitas Bahan Ajar berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis (3) Efektivitas Bahan Ajar dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil pengembangan disimpulkan bahwa Bahan Ajar berbentuk komik valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tiara Fikriani, Pendidikan Matematika, STKIP Ahlussunnah

Pendidikan Matematika, STKIP Ahlussunnah

Mirda Swetherly Nurva, Pendidikan Matematika, STKIP Ahlussunnah

Pendidikan Matematika, STKIP Ahlussunnah

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Danaswari, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 9 Cirebon pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Scientiae Educatia Volume 2 Edisi 2.

Olivia, Femi (2008). Gembira Belajar Dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Plomp, T dan N. Nieveen. 2013. Educational Design Research. Enschede: Netherland Institute For Curricuum Development (SLO).

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan metode Pembelajarn yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Saputro, Anip Dwi. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. MUUADIB Vol.05 N0.1. ISSN 2088-3390

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung. Alfabeta

Downloads

Published

2019-11-22

How to Cite

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK KOMIK UNTUK SISWA KELAS VII SMPN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 223–234. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1378