ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI STKIP MELAWI
Keywords:
berpikir kreatif matematis bangun ruangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika pada materi bangun ruang di STKIP Melawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Subyek dalam penilitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Fluency dan dikategorikan sedang, 81% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Flexibility dan dikategorikan tinggi, 43% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Originality dan dikategorikan rendah, dan 60% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Elaboration dan dikategorikan sedang.
Downloads
References
Sari, N. P. dkk. (2015). Pengaruh permainan harta karun terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hendrayan, A. (2008). Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMP dalam matematika. Tesis Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.
Noer, S. H. (2011). Kemandirian belajar, pengetahuan awal matematika siswa dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan Progresif Vol.1 No.2. Bandar Lampung.
Munandar S. C. U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarmo. (2010) Berfikir dan disposisi matematik: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan para peserta didik. FPMIPA UPI tidak diterbitkan.
Nasir, M (1988). Metode penelitian. Jakarta: ghalia Indonesia
Sugiyono (2009) Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta