ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI STKIP MELAWI

Authors

  • Yumi Sarassanti STKIP Melawi
  • Mutazam Mutazam STKIP Melawi

Keywords:

berpikir kreatif matematis bangun ruang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika pada materi bangun ruang di STKIP Melawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Subyek dalam penilitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Fluency dan dikategorikan sedang, 81% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Flexibility dan dikategorikan tinggi, 43% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Originality dan dikategorikan rendah, dan 60% mahasiswa menjawab soal yang sesuai dengan indikator Elaboration dan dikategorikan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yumi Sarassanti, STKIP Melawi

STKIP Melawi

Mutazam Mutazam, STKIP Melawi

STKIP Melawi

References

Sari, N. P. dkk. (2015). Pengaruh permainan harta karun terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hendrayan, A. (2008). Pengembangan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMP dalam matematika. Tesis Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.

Noer, S. H. (2011). Kemandirian belajar, pengetahuan awal matematika siswa dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan Progresif Vol.1 No.2. Bandar Lampung.

Munandar S. C. U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarmo. (2010) Berfikir dan disposisi matematik: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan para peserta didik. FPMIPA UPI tidak diterbitkan.

Nasir, M (1988). Metode penelitian. Jakarta: ghalia Indonesia

Sugiyono (2009) Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta

Downloads

Published

2019-11-22

How to Cite

Sarassanti, Y., & Mutazam, M. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI STKIP MELAWI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 235–241. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1379