KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Authors

  • Rahman Haryadi Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak
  • Novi Andriati Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

analisis, kesalahan dalam menyelesaikan soal, operasi hitung bilangan bulat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 11 Pontianak. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpul datanya adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik diskriptif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kesalahan konsep yaitu sebanyak 4 kesalahan atau sebesar 15,38%, kesalahan prosedur yaitu sebanyak 12 kesalahan atau sebesar 46,15%, kesalahan teknik yaitu sebanyak 10 kesalahan atau sebesar 38,46%. Jadi secara umum dapat disimpulkan terdapat 3 tipe kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat yaitu kesalahan konsep, prosedur dan teknik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahman Haryadi, Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak

Novi Andriati, Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ferawati, N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan. Skripsi IKIP-PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Hamzah, A dan Muhlisrarini. (2014). Perencana dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Lestari, Rini, Dwi. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 JATEN. Tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret.

Rajagukguk, W. (2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.

Subana dan Sudrajat. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Tindakan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafmen, Wardi. (2015). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Tidak diterbitkan. Universitas Jambi.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulifa, Siti, N dan Effendy, D. (2014), “Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasiâ€. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.

Widyantari, Fajar, P. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana.

Downloads

Published

2019-11-23

How to Cite

Haryadi, R., & Andriati, N. (2019). KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 253–264. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1387