PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI TEOREMA PHYTAGORAS

Authors

  • Dwi Suci Mulyani Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • Syarifah Fadillah Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

LKS, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendidikan karakter dalam materi teorema Phytagoras. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian yang menggunakan model rancangan 4D oleh Thiagarajan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Darul Ulum yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli materi, angket respon siswa dan angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi LKS berbasis pendidikan karakter mencapai kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 86,42%.  Hasil perhitungan dari angket respon guru diperoleh rata-rata persentase 97, 5% dengan kriteria sangat praktis dan untuk angket respon siswa diperoleh rata-rata persentase 88, 37% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendidikan karakter yang dikembangkan dapat digunakan untuk media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Suci Mulyani, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Syarifah Fadillah, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Rahman Haryadi, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

References

Fadillah, S. (2013). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6 (2): 142-148

Kesuma dharma dkk. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Mayasari, H. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Edu-Sains, 2 (4): 30-36

Nuraini, (2017). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Negeri Malang.

Rochmad, (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal KREANO, 3 (1): 59-72

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Saputra. R, dkk. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 19 Palembang, Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2 (2): 249-268

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Yang Mengatur Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 20. Jakarta: Sekertaris Negara Republik Indonesia.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Mulyani, D. S., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 305–312. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1422