ANALISIS KEBUTUHAN DAN KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Fahrizar Fahrizar Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

analisis, kebutuhan, kelayakan, pop-up book, CTL

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dan kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pontianak. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dan observasi serta melakukan validasi dengan ahli materi dan ahli media berjumlah tiga orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan buku paket serta metode pembelajaran konvensional. Buku paket hanya menampilkan unsur dua dimensi berupa gambar ilusi sedangkan pada kurikulum 2013 diperlukan media yang membuat siswa mengamati secara langsung dengan menampilkan unsur tiga dimensi serta metode pembelajaran yang melibatkan siswa mengamati langsung. Siswa kurang memperhatikan dan berminat dalam pembelajaran matematika serta siswa kesulitan menyelesaikan soal cerita dikarenakan sulit membayangkan sebuah objek. Validasi yang dilakukan dengan ahli materi dan ahli media memperoleh penilaian dengan kategori valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fahrizar Fahrizar, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Dwi Oktaviana, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

References

Febrianti, R. dan Sumbawati, M. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter Kelas X SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 01.

Gokkurt, B. (2017). Mathematical Practice In A Learning Environment Designed by Realistic Mathematics Education: Teaching Experiment about Cone and Pyramid. Europan Journal of Education Studies. 3(5). 405-431.

Harisna, B. L., dan Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Pop Up Book Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Bangun Ruang. Prosiding SEMNAS Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Jumanta, H. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyanti, N. R., Yani, N., dan Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). 415-426.

Nurhasanah, F. (2010). Abstraksi Siswa SMP dalam Belajar Geometri Melalui PEnerapan Model Van Hiele dan Geometers Sketchpad. Tesis pada Jurusan PEndidikan Matematika UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Oktaviana, D. dan Prihatin, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Berkarakter untuk Siswa SMP. Satuan Artikel Pendidikan, 3(3), 182-189.

Oktaviana, D. dan Susiaty, U. D. (2018). Desan Aplikasi Media Pembelajaran untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri. Satuan Artikel Pendidikan, 3(1). 18-26.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Taufik, A. dan Nuranita. (2017). Pengembangan Perangkat PEmbelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Pop Up Book Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Prosiding SEMNAS Pendidikan Matematika 2017. 163-174.

Umayah, Dkk. (2011). Pengembangan Modul Pop-Up Untuk Pembelajaran IPA Model Kooperatif Dan Metode Diskusi. UNNES Science Education Journal, 2(2), 1-6.

Yudhaskara, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashpada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Software di SMK Gama Kedungadem bojonegoro, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 891-895.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Fahrizar, F., & Oktaviana, D. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN DAN KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 313–319. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1423