PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, Society)
Keywords:
e-modul, SETSAbstract
Hasil identifikasi terhadap kondisi obyektif pembelajaran di sekolah menunjukkan permasalahan, antara lain siswa hafal dengan materi, tetapi tidak paham, tidak mampu menghubungkan konsep dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta kesulitan memahami konsep abstrak materi melalui metode ceramah. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan produk e-modul fisika interaktif menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) yang dikembangkan ditinjau dari komponen penyajian ilustrasi, kebahasaan, dan kesesuaian materi. Modul Elektronik berisi 6 materi yaitu Fluida Dinamis, Debit Aliran, Persamaan Kontinuitas, Hukum Bernoulli, Torricelli, dan Pesawat Terbang. Pengembangan produk mengacu pada model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Hasil validitas e-modul diperoleh pada tahap develop yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, pada tahap implementation dilakukan uji skala kecil untuk melihat efektivitas dari penggunaan e-modul, kemudian respon siswa diperoleh pada tahap evaluation. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA
Downloads
References
Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Conference. ISSN: 2528-5742, Vol 13 (1) 90-92.
Brooks, J.G., & Brooks, N.G. 1993. In Search of Understanding: The case for contructivist classrooms.Virginia : Association for Supervision and Curriculum Development.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Directory of Open Access Journals. 2016. Jurnal Pendidikan Fisika. Indonesia, <https://doaj.org> viewed 6 Agustus 2018.
Santyasa, I.W, Suwindra, I N.P, Sujanem R,& Suardana, K. 2005. Pengembangan Teks Fisika Bermuatan Model Perubahan Konseptual dan Komunitas Belajar Serta Pengaruhnya terhadap Perolehan Kompetensi Siswa Kelas I di SMU. Laporan Penelitian. RUKK Tahun I 2005.
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., Tika I.K. 2009. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 42, Nomor 2, hlm. 97-104
Binadja, Achmad. (2005). Pedoman Pengembangan Bahan pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS.Semarang: Laboratoriun SETS UNNES.