PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, Society)

Authors

  • Eka Syafutri Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan
  • Widodo Widodo Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan
  • Yudhiakto Pramudya Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

e-modul, SETS

Abstract

Hasil identifikasi terhadap kondisi obyektif pembelajaran di sekolah menunjukkan permasalahan, antara lain siswa hafal dengan materi, tetapi tidak paham, tidak mampu menghubungkan konsep dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta kesulitan memahami konsep abstrak materi melalui metode ceramah. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan produk e-modul fisika interaktif menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) yang dikembangkan ditinjau dari komponen penyajian ilustrasi, kebahasaan, dan kesesuaian materi. Modul Elektronik berisi 6 materi yaitu Fluida Dinamis, Debit Aliran, Persamaan Kontinuitas, Hukum Bernoulli, Torricelli, dan Pesawat Terbang. Pengembangan produk mengacu pada model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Hasil validitas e-modul diperoleh pada tahap develop yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, pada tahap implementation dilakukan uji skala kecil untuk melihat efektivitas dari penggunaan e-modul, kemudian respon siswa diperoleh pada tahap evaluation. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Syafutri, Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

Widodo Widodo, Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

Yudhiakto Pramudya, Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

Magister Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan

References

Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Conference. ISSN: 2528-5742, Vol 13 (1) 90-92.

Brooks, J.G., & Brooks, N.G. 1993. In Search of Understanding: The case for contructivist classrooms.Virginia : Association for Supervision and Curriculum Development.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Directory of Open Access Journals. 2016. Jurnal Pendidikan Fisika. Indonesia, <https://doaj.org> viewed 6 Agustus 2018.

Santyasa, I.W, Suwindra, I N.P, Sujanem R,& Suardana, K. 2005. Pengembangan Teks Fisika Bermuatan Model Perubahan Konseptual dan Komunitas Belajar Serta Pengaruhnya terhadap Perolehan Kompetensi Siswa Kelas I di SMU. Laporan Penelitian. RUKK Tahun I 2005.

Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., Tika I.K. 2009. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 42, Nomor 2, hlm. 97-104

Binadja, Achmad. (2005). Pedoman Pengembangan Bahan pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS.Semarang: Laboratoriun SETS UNNES.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Syafutri, E., Widodo, W., & Pramudya, Y. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, Society). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 330–340. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1425