KEMAMPUAN NUMERIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Dwi Oktaviana Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak
  • Nurmaningsih Nurmaningsih Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

kemampuan numerik, mahasiswa pendidikan matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan numerik mahasiswa pendidikan matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Semester IV yaitu kelas A Pagi. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan numerik berbentuk pilihan ganda. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa kemampuan mahasiswa dalam melakukan perhitungan secara matematis sebesar 88,42%, kemampuan berpikir dengan logis sebesar 57,89%, kemampuan dalam menyelesaikan pemecahan dari suatu masalah sebesar 40%, dan kemampuan ketajaman dalam membedakan pola-pola numerik serta hubungannya sebesar  92,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dalam menyelesaikan soal kemampuan numerik lemah pada kemampuan dalam menyelesaikan pemecahan dari suatu masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Oktaviana, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Nurmaningsih Nurmaningsih, Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak

References

Astuti, dkk. (2013). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik. Jurnal Pendidik Dasar. 3(1).

Cahyono, T. D., Masykuri, M., & Ashadi. (2016). Kontribusi kemampuan numeric dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis kelas XI MIA1 dan XI MIA5 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(2), 81-88.

Indrawati, F. (2013). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(3). 215-223.

Ismoro, D. (2014). Hubungan Antara Kretivitas dan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 35-39.

Leoni, A. (2008). Super Tes IQ. Tangerang: PT Tangga Pustaka.

Suparlan, A. J. (2009). Pengaruh minat dan kecerdasan numeric terhadap prestasi belajar matematika siswa. EduMa, 1(2), 129-137.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Oktaviana, D., & Nurmaningsih, N. (2019). KEMAMPUAN NUMERIK MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA IKIP PGRI PONTIANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 341–349. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1426