PERAN KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA

Authors

  • Beni Setiawan Pendidikan Matematika, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Olenggius Jiran Dores Pendidikan Matematika, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Keywords:

keterampilan metakognisi, kemampuan literasi matematis, mahasiswa

Abstract

Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan menerapkan konsep matematika dalam berbagai konteks, melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, serta fakta untuk menggambarkan, atau menjelaskan suatu kejadian. Seseorang jika mampu bernalar dan menganalisis melalui pengetahuan dan keterampilan matematikanya dalam penyelesaian masalah matematika maka ia memiliki kemampaun literasi yang baik. Diperlukan keterampilan metakognisi yakni kesadaran dalam memikirkan tentang proses berpikir agar mampu memiliki kemampuan tersebut. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan kemampuan literasi; (2) menganalisis peningkatan kemampuan literasi; (3) mendeskripsikan peran keterampilan metakognisi dalam meningkatkan kemampuan literasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa pada Prodi PGSD semester IV kelas B8 yang berjumlah 26  orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan uji gain dan uji korelasi. Diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis mahasiswa setelah melibatkan keterampilan metakognisi; (2) diperoleh kontribusi yang sedang antara keterampilan metakognisi dalam peningkatan kemampuan literasi matematis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Beni Setiawan, Pendidikan Matematika, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Pendidikan Matematika, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Olenggius Jiran Dores, Pendidikan Matematika, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Pendidikan Matematika, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

References

Amir, Mohammad Faizan & Mahardika D. K. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar, Journal of Medives, 2(1), 117-128.

An, Yun-Jo and Li Cao. (2014). Examining the Effects of Metacognitive Scaffolding on Students’ Design Problem Solving and Metacognitive Skills in an Online Environment. MERLOT Jounal of Learning and Teaching Vol. 10, No. 4, December 2014.

Car, M. (2010). The Importance of Metacognition for Conceptual Change and Strategy Use in Mathematics. In H. S. Waters & W. Schneider (Eds) Metacognition, Strategy Use, and Instruction (pp. 176-197), NY, NY: Guilford.

Corebima, A.D. (2009). Metacognitive Skills MeasurementIntegrated in Achievement Test. Makalah disajikandalam Third International Conference on Scienceand Mathematics Education (CosMEd). Malaysia,10-12 November.

Foong, P.Y. (2002). Using Short Opend-Ended Mathematics Questions to PromoteThinking and Undestanding. National Institute of Education, Singapore [Online] Provided : http:/www.math.unipa.it/~grim/SiFoong.PDF

Ihsan, M. (2016). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Oktober 2016, Vol. 4, No. 2, hal. 129-140.

Jbeili, Ibrahim. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. International Journal for Research in Education (IJRE), 32.

Keiichi, S. (2000). Metacognition in Mathematics Education. Mathematics Education in Japan, JSME, Japan.

Lee, K..W.L.and Fensham, P.F. (1996). A general strategy for solving high schoolelectrochemistry problems. International Journal of Science Education, 18 , 543-555.

Livingston, J.A. (1997). Metacognition: An Overview, (Online), http://www.gse.bufallo.edu/ fas/shuell/cep564/metacog.htm, diakses tanggal 16 Agustus, 2019).

Mahdiansyah dan Rahmawati. (2014). Literasi matematikaa Siswa Jenjang Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 455.

Mohammad, I.A.J. (2003). The Effect of Metacognitive Scaffholding andCooperative Learning on Mathematics Performance and MathematicsReasoning Among Fifth Grade Student in Jordan. [Online]. Provided:http://search.yahoo.com/search?p=metacognitive+in+mathematics+education+journal&fr=yfp-t-501&toggle=1&cop=mss&ei=UTF-8&vc=&fp_ip=ID

Mulbar, U. (2008). Metakognisi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Makalah disajikan pada seminar nasional di Bandung.

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global.

Panaoura, A., Philippou, G. (2004). The Measurement Of Young Pupils’ Metacognitive Ability In Mathematics: The Case Of Self-Representation and Self-Evaluation. Department of Education, University of Cyprus.

Pratiwi, D. S., & Budiarto, M. T. (2014). Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Surabaya: FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Rochmad. (2008). Penggunaan Pola Pikir Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme. Makalah telah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika: Sertifikasi Guru: Meningkatkan Kualitas Matematika di Indonesia. Di Kampus Pascasarjana UNNES Semarang, tanggal 16 Januari 2008.

Sari, Rosalia Hera Novita. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UN, 713-720.

Setiawan, B., & Tandililing, E. (2016). Pembelajaran Dengan PBL Berstruktur Metakognisi Untuk Meningkatan Kemampuan Problem Solving dan Literasi matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(12).

Veenman, M.V.J. (2006). Metacognition and Learning: Conceptual and Methodological Considerations, Business Media, Inc.

Yunus, Suraya, A., Ali, W. (2008). Metacognition and Motivation in Mathematical Problem Solving. The International Journal of Learning: Annual Review 15, No. 3 (2008): 121-32.

Downloads

Published

2019-12-08

How to Cite

Setiawan, B., & Dores, O. J. (2019). PERAN KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 350–359. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1469