RESPON SISWA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA PRAKTIKUM SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI

Authors

  • Ramadhan Ramadhan Tanjungpura Universita
  • Entin Daningsih Tanjungpura University

Keywords:

angket respon, cookies pisang, praktikum

Abstract

Peran tumbuhan di bidang ekonomi merupakan salah satu submateri pada materi Plantae. Submateri ini pada umumnya disampaikan secara teoritis tanpa dilakukan praktikum. Namun demikian, pada penelitian ini dilakukan dengan praktikum dan berbantuan bahan ajar LKS kontekstual. Praktikum yang dilakukan merupakan pembuatan cookies menggunakan buah pisang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap praktikum pembuatan cookies pisang. Metode pengumpulan data menggunakan angket respon, bersamaan dengan penilaian afektif dan psikomotor dengan lembar observasi, sedangkan penilaian kognitif menggunakan soal pada lembar kerja siswa. Angket respon terdiri atas 10 pernyataan. Hasil angket respon dianalisis dengan menggunakan skala likert. Hasil menunjukkan respon siswa terhadap praktikum sebesar 86,66% dan termasuk kategori sangat tinggi. Selain itu, pembelajaran dengan praktikum berbantuan LKS kontekstual dapat meningkatkan nilai kognitif (86,46), afektif (95,9) dan psikomotorik (94,9) yang dikategorikan sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ramadhan Ramadhan, Tanjungpura Universita

Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Entin Daningsih, Tanjungpura University

Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Anramus. (2012). Kontribusi Praktek Kerja Industri Dan Motivasi Belajar Terhadap Sikap Wirausaha. Jurnal INVOTEC, 8(2), 108-114.

Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat. (2017). Provinsi Kalimantan Barat Dalam Angka 2017. Pontianak: Badan Pusat Statistik

Chibabi, A. A., Umoru, S.E., Onah, D. O,. & Itodo, E.E. (2018). Effect of Laboratory Method on Students’ Achievement and Retention in Senior Secondary Schools Biology In Kogi East Senatorial Zone. Journal of Research & Method in Education. Vol 8 (6). Hal 31-39.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Hamidah,A., Eka, N.S., & Retni, S.B. (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. 8(1): 49-59.

Hatika,R.G., & Pariang, S.S. (2016). Efektivitas Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Fisika Siswa SMA Negeri 3 Rambah Hilir. Jurnal Ilmiah Edu Research. 5(1): 15-18.

Hayat, M.S., Sri, A., & Sri,R. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioma. 1(2): 141-152.

Khamidah, N., & Nani, A. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO. 1(1): 5-8.

Maarif, N. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktik di Laboratorium IPA SMP IT Al Umar Ngargosoka Srumbung, Kabupaten Magelang. Jurnal Hanata Widya. 5(7): 44-52.

McKnee, E., Williamson, V.M., & Ruebush, L.E. (2007). Effects of a Demonstration Laboratory on Student Learning. Journal of Science Education and Technology. Vol 16 (5). Hal 395–400.

Murti, S., Muhibbuddin, & Cut, N. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi. 6 (1).

Oktavia, I.P., Wachju,S., & Sulifah,A.H. (2012). Hubungan Tingkat Intensitas dan Kualitas Kegiatan Praktikum di Laboratorium Biologi dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Situbondo. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Qamariah, W., Entin, D., & Yokhebed. (2017). Respon Siswa Terhadap Praktikum Pembuatan Cake Pepaya pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 6(12).

Rahzianta, Muhammad. L.H. (2016). Pembelajaran Sains Model Service Learning Sebagai Upaya Pembentukan Habits of Mind dan Penguasaan Keterampilan Berpikir Inventif. Journal Unnes Science Education. Vol 5(1). Hal 1128-1137.

Rustaman, N. Y. (2006). Peranan Praktikum Pembelajaran. (Online). (http://Biologi.edu/Direktori /SPS/prodi.pendidikan_ipa/195012311979032nuryanirustaman/peranan_praktikum_dalampembelajaran_biologi.pdf, diakses tanggal 5 Agustus 2017).

Shinta, R., & Khumaedi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Sudirman Ambarawa. Journal Physic Education Unes. 4(1): 48-53.

Simalango, A & Zainuddin. (2008). Pengaruh Perlakuan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3 (1).

Siswaningsih, W. (2007). Penilaian Aspek Afektif Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA. 10(2): 51-57.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawan, A., Achmad,B., & Sri,S. (2015). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Bervisi SETS untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Journal of Primary Education. 4(1): 1-9.

Wulandari, F.K., Bhakti, E. S., & Siti,S. (2015). Analisis Kandungan Gizi, Nilai Energi, dan Uji Organoleptik Cookies Tepung Beras dengan Substitusi Tepung Sukun. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. 5 (4): 107-112.

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

Ramadhan, R., & Daningsih, E. (2020). RESPON SISWA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA PRAKTIKUM SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 360–371. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1551