KETERAMPILAN MODUL PRAKTIKUM SISTEMATIKA AVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Eka Trisianawati IKIP PGRI Pontianak
  • Mustika Sari IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

pengembangan, modul, sistematika avertebrata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) Kelayakan modul praktikum Sistematika Invertebrata menurut pakar materi dan pakar media; (2) Respon mahasiswa terhadap modul praktikum Invertebrata Sistematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Reiser dan Mollenda, yaitu ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak 2018/2019, yang terdiri dari kelas A dan kelas B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa angket validasi, angket respon dan teknik tes untuk mendapatkan data KPS mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Modul praktikum Avertebrata Sistematika yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan; (2) Respon mahasiswa terhadap modul praktikum Sistematika Avertebrata adalah baik dengan persentase 63,15%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Trisianawati, IKIP PGRI Pontianak

Biology Education Program

Mustika Sari, IKIP PGRI Pontianak

Biology Education Program

References

Baharuddin. (2012). Pengembangan sumber belajar berbasis multimedia interaktif pada mata diktat memasang instalasi penerangan listrik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 219-227.

Botturi, L. (2003). Instructional Design and Learning Technology Standart: An Overview. IceF-Quardeni dell’Istituo, 9.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Dirjen Dikdasmen Direktorat. Pembinaan SMA

Dadan Wahidan. 2008. Keterampilan Proses Dasar Pada Pembelajaran IPA.Unpublished.

Hansen, J. W., & Lovedahl, G. G. (2004). Developing technology teachers: Questioning the industrial tool use model. Volume 15 Issue 2 (spring 2004).

Muhafid, E. A., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA terpadu berpendekatan keterampilan proses pada tema bunyi di SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Muhammad. 2004. Pedoman Penilaian Ranah Afektif. Jakarta: Depdiknas.

Nuryani Rustaman. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pratama, H., Sarwanto, S., & Cari, C. (2015). Pengembangan modul pembelajaran ipa fisika SMP kelas IX berbasis pendekatan jelajah alam sekitar (jas) pada materi gerakan bumi dan bulan yang terintegrasi budaya jawa. Inkuiri, 4(1), 11-20.

Wenno I. H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.

Downloads

Published

2020-02-11

How to Cite

Trisianawati, E., & Sari, M. (2020). KETERAMPILAN MODUL PRAKTIKUM SISTEMATIKA AVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 372–379. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1606