PENGEMBANGAN POP UP BOOK SMP BERBASIS IDEAL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Nur Amalia IKIP PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI Pontianak
  • Wahyudi Wahyudi IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

pop up book, IDEAL problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book berbasis IDEAL Problem Solving yang valid, praktis dan efektif dalam materi Balok untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang telah dimodifikasi menjadi 3D yang meliputi tiga tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan pada validasi ahli, angket respon guru dan siswa, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tes pada penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk data peningkatan dan keefektifan penggunaan media pop up book menggunakan N-gain dan effect size. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh skor rata-rata kevalidan dari hasil validasi ahli materi dan media sebesar 83,13% dengan kriteria sangat valid, skor rata-rata kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa sebesar 86,025% dengan kriteria sangat praktis, skor N-gain sebesar 0,71 dengan kriteria peningkatan tinggi serta skor effect size sebesar 0,95 dengan kriteria efek sangat kuat. Disimpulkan bahwa pop up book berbasis IDEAL Problem Solving yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam materi balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Amalia, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika

Yudi Darma, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika

Wahyudi Wahyudi, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Fisika

References

BSNP. (2006). Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Dwiantara, G. Ardi dan La Masi. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Terhadap Peningkatan Keemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Volume 4 Nomor 1.

Hanifah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Bencaa Banjir untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas I MINI Sukosewo Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulan Malik Ibrahim Malang: tidak diterbitkan.

Lismayanti, Meri, dkk. (2016). Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea untuk SMA Kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains. Vol 18 Nomor 1.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2010). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Purnomo, Eko, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1.

Ukhtinasari, Febri, dkk. (2017). Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-Alat Optik Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal. Volume 6 Nomor 2.

Simatupang, Helda Arina. (2016). Pengembangan Media Pop Up Pada Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Solichah, Luli dan Neni Mariana. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datas Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal PGSD. Volume 06 Nomor 09.

Downloads

Published

2020-02-11

How to Cite

Amalia, N., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2020). PENGEMBANGAN POP UP BOOK SMP BERBASIS IDEAL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II, 1(1), 389–398. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1609