ANALISIS METODE BLANDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK

Emusti Rivashinta, Suwarni Suwarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Perencanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Blanded Learning di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontinak. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Blanded Learning di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontinak. (3) Untuk mengetahui Apa saja hambatan yang ditemui dosen dalam pembelajaran menggunakan metode Blanded Learning di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif deskriptif, adapun bentuk yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data yang digunakan 1) informan mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah, 2) tempat di program studi pendidikan sejarah IKIP-PGRI Pontianak pada materi sejarah Eropa, 3) dokumen berupa  surat-surat, arsip, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam, mengkaji dokumen dan arsip. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian Perencanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Blanded Learning di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak dalam melaksanakan pembelajaran sejarah menggunakan model blanded learning telah dilaksanakan cukup baik diwujudkan dalam bentuk: a) menyusun RPP/RPKPS secara mandiri/kelompok dengan baik, b) menentukan sumber belajar dalam setiap pertemuan. Sedangkan, Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Blanded Learning di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontinak (1) mahasiswa biasanya secara berkelompok untuk menggali informasi mahasiswa melalui internet dan banyak informasi tambahan yang bisa mereka dapatkan, karena untuk pengumpulan tugas mereka menggunakan google classroom. (2) penerapan google classroom diterapkan jika dosen berhalangan hadir mengajar di kelas, pembelajaran ini bagus untuk mahasiswa dan dosen karena memanfaatkan teknologi yang ada. (3) dalam pelaksanaan pembelajaran mahasiswa melakukan pre-test dari materi minggu lalu dan selanjutnya mahasiswa melakukan presentasi dengan peta konsep. Untuk Hambatan yang ditemui dosen dalam pembelajaran menggunakan metode Blanded Learning di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontinak (1) berkaitan dengan pengumpulan tugas mahasiswa kadang melewati masa batas penentuan sebelumnya. (2) dengan diterapkannya metode blanded learning mahasiswa sedikit kewalahan karena belum terbiasa serta jaringan internet yang tidak stabil.

Full Text:

PDF

References


Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning) terampil memadukan keunggulan pembelajaran face-to-face, e-learning offline-online, dan mobile learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mulyana, D. K. (2006). Metodologi penelitian kuaitatif paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi, Hadari. (2007). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversity press.

Sari, Milya. 2016. Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta'dib, Jurnal Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru, Universitas Batusangkar, 17(2), 126-136.

Zuldafrial. (2011). Strategi belajar mengajar. Pontianak: Stain Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.