ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PENGOLAH DATA PADA UMKM DECOLLECTION DI KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Vindo Feladi IKIP PGRI Pontianak
  • Chandra Lesmana IKIP PGRI Pontianak
  • Erni Fatmawati IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan merancang aplikasi pengolah data pada UMKM DeCollection di Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan. Objek dalam penelitian ini adalah UMKM “DeCollection†yang berada di Jalan Raya Kakap Kabupaten Kubu Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data model interaktif yang digambarkan oleh Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa melalui perancangan sistem usulan yang dibuat mulai dari Data Flow Diagram (DFD), Kamus data, Spesifikasi database, Normalisasi, dan Diagram Hubungan Entitas (DHE), maka pengolahan data administrasi menjadi jauh lebih baik dan lebih mudah dan dapat mempersingkat waktu di dalam memberikan data dan pelaporan yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vindo Feladi, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

Chandra Lesmana, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

Erni Fatmawati, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer

References

Whitney, E., & Rolfes, S. (2011). Understanding nutrition (12 th ed). Australia: Wadsworth Cengage Learning.

Saddhono, K. (2008). Tradisi sekaten di Keraton Kasunanan Surakarta kajian deskriptif dan alternatif pengembanganbett bahan ajar mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(074), 111-121.

Gabbett, T., Jenkins, D., & Abernethy, B. (2010). Physical collions and injury during professional rugby leagur skills training. Journal of Science and Medicine in Sport, 13(6), 578-583.

doi: 10.1016/j.jsams.2010.03.007

Ministry of Health. (2014). Ebola: Information for the public. Retrieved from

http://www.health.govt.nz/your-health/conditions-and-treatmens/diseases-and-illnesses/ebolainformation-public

Wiliams, J., & Seary, K. (2010). Bridiging the divide: Scaffolding the learning experiences of mature age student. In J. Terrell (Ed.), Making the links: Learning, teaching and high quality student outcomes. Proceedings of the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educator (pp. 104-116). Wellington, New Zealand.

Downloads

Published

2021-03-30