Pengembangan Buku Ajar Ilmu Kealaman Dasar Berbasis ICT

Lia Angraeni, Eti Sukadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan buku ajar Ilmu Kealaman Dasar berbasis ICT menurut ahli materi, (2) kelayakan buku ajar Ilmu Kealaman Dasar berbasis ICT menurut ahli media. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan mengacu model 4-D (four D model). Model   4-D terdiri dari tahap define, design, development dan disseminate. Pengembangan buku ajar Ilmu Kealaman Dasar berbasis ICT merupakan pengembangan buku ajar yang membantu mahasiswa dalam membangun informasi (pengetahuan) dalam memahami konsep melalui ICT pada e-book dalam mata kuliah Ilmu Kealaman Dasar yang disampaikan. Hal ini sesuai dengan perencanaan kurikulum KKNI, dimana pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas dilaksanakan dengan pendekatan Scientific Approach yang meliputiobserving (mengamati), questioning (bertanya), experimenting (eksprimen), associating (diskusi), dan networking (presentasi). Hasil penelitian sebagai berikut: (1) buku Ajar Ilmu Kealaman Dasar Berbasis ICT yang telah di validasi oleh ahli materi dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 76, (2) buku Ajar Sejarah Fisika Berbasis ICT yang telah di validasi oleh ahli media dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 78.

Full Text:

PDF

References


Asra dan Sumiati. (2010). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Dale, Edgar. (2006). Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinchart and Winston Inc. The Dryden Press

Sugiyono. (2016). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Thiagarajan, S. DS dan Semmel, MI (1974). Intructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana Prenata Media Grup.

Winkel W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.