EFEKTIVITAS PEMBALAJARAN E_LEARNING PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI DAN MEDIA PENDIDIKAN

Sri Koriaty, Ratih Widya Nurcahyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemebajaran e_learning pada matakuiah teknologi dan media pendidikan penelitian ini merupakan penelitian expose facto. Variable dalam penelitian ini adalah variable tunggal yaitu media pembelajaran E_Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II yang megambil matakuliat teknologi dan media pendidikan program studi pendidikan teknologi informasi dan komputer IKIP PGRI Pontianak dengan penentuan sampel mengguankan teknik simple random samping. Berdasarkan hasil analisis efektivitas menggunakan rumus EffectSize, dengan cara mengurangi nilai posttest dengan nilai pretest dari setiap responden maka diperoleh peningkatan nilai yang dicapai responden setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran E_Learning pada matakuliah Teknologi dan Media Pendidikan, maka diperoleh hasil berupa nilai mean = 10,5; median = 10; modus = 5; maksimum = 25; minimum = 0; dan standar deviasi = 7,234. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa efektivias pembelajaran E_Learning pada matakuliah Teknologi dan Media Pendidikan semester II Program Studi Pendidikan TIK IKIP-PGRI Pontianak tergolong efektif.


Full Text:

PDF

References


Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.

Hajar, I. (1999). Dasar–dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Issac, S., & Michaels, W. B. (1981). Handbook in research and evaluation: For education and behavioral sciences San Diego: EdITS.

Slavin, R. E., (2000). Educational Psychology: Theory and Practice.Pearson Education. New Jersey

Rosenberg, M. J., & Foshay, R. (2002). E‐learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.