DESIMINASI GERAKAN AJARMAT DI SD NEGERI 4 PANDAN SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG
Abstract
Kegiatan Desiminasi Gerakan AjarMat bermanfaat untuk mengenalkan Gerakan Ayo Belajar Matematika (AjarMat) kepada orang tua siswa SD Negeri 4 Pandan, Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada orang tua siswa. Kegiatan yang dilakukan antara lain; penyampaikan materi oleh kader AjarMat, diskusi secara kelompok dengan aktivitas matematika yang berbeda seperti; aktivitas pergi belanja, aktivitas meronce dengan manik-manik, aktivitas bermain puzzle origami, aktivitas meronce dengan sedotan, aktivitas bongkar belanjaan, aktivitas belajar geometri/bangun ruang dan menghitung. Peserta masing-masing kelompok selanjutnya melakukan diskusi kelompok sebelum akhirnya melakukan presentasi kelompok masing-masing. Peserta merasa bahwa matematika terasa lebih menyenangkan dan akan mempraktekkan hasil pelatihan dalam keseharian, agar anak-anaknya lebih menyukai matematika.
Downloads
References
Kalelioglu, F., & Gulbahar, Y. (2013). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258
Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2016). Improving critical thinking skills of college students through RMS model for learning basic concepts in science. In Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching (Vol. 17, No. 1).
Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Coen, T., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2018). Indonesia Got Schooled: 15 Years of Rising Enrolment and Flat Learning Profiles. Jakarta: RISE Programme in Indonesia.