SOSIALISASI PENANGANAN KESELAMATAN DI AIR UNTUK LIFEGUARD PADA OBJEK WISATA AIR KOTA PONTIANAK

Authors

  • Muhammad Suhairi IKIP PGRI Pontianak
  • Walsen Dulih Agus Lauh IKIP PGRI Pontianak
  • Nevi Hardika IKIP PGRI Pontianak
  • Stephani Yane IKIP PGRI Pontianak
  • Abdillah Abdillah IKIP PGRI Pontianak
  • Awang Roni Effendi IKIP PGRI Pontianak
  • Rajidin Rajidin IKIP PGRI Pontianak
  • Suriani Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Rio Wardani IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Kolam renang merupakan salah atu wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Pontianak khususnya di akhir pekan. Banyaknya jumlah pengunjung dikolam renang menyebapkan risiko adanya korban tenggelam. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan berupa sosialisasi pertolongan pertama pada korban tenggelam bagi petugas penjaga kolam renang. Penanganan yang dilakukan pada korban tenggelam di tempat kejadian meliputi: (1) watertrap pen, (2) melepaskan pakaian, (3) mengurangi minum air, dan (4) berpegang pada benda mengapung. Teknik-teknik yang digunakan untuk menolong korban kecelakaan terbagi menjadi dua, yaitu penyelamatan dari darat dan penyelamatan langsung (turun ke air). Teknik penyelamatan dari darat dengan cara: tanpa alat, menggunakan handuk/kain, dan gelang pelampung. Teknik penyelamatan langsung dengan cara: (1) the hip carry rescue, (2) armpittOy (3) mist tow, dan (3) tired swimmer. Pertolongan yang diberikan pada korban sebaiknya dipilih secara tepat agar dapat menyelamatkan korban tanpa menyebabkan timbulnya cedera yang fatal. Keterampilan penyelamatan sangatlah penting dan sebaiknya dikuasai agar dapat mempertahankan diri. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan meningkatkan angka keselamatan korban gawat darurat karena mendapatkan pertolongan pertama yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Red Cross. 1992. Water Safety Instructor’s Manual, Infant Preschool aquatic Program. St Louis, MO:CV Mosby; 51-80.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KRONOLOGI Murid MTsN 2 Pontianak Meninggal Setelah Tolong Teman, Kolam Renang Ampera Tutup Sementara, Penulis: Ferryanto Editor: Marlen Sitinjak https://pontianak.tribunnews.com/2020/01/11/kronologi-murid-mtsn-2-pontianak-meninggal-setelah-tolong-teman-kolam-renang-ampera-tutup-sementara. Sabtu, 11. Januari 2020 14:55.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Siswa SMP Tewas di Oevang Oeray, https://pontianak.tribunnews.com/2012/05/06/siswa-smp-tewas-di-oevang-oeray. Penulis: M Arief Pramono. Editor: Jamadinpada tahun 2012.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul KRONOLOGI Bocah 9 Tahun Tewas di Kolam Renang, Penyebab Kematian hingga Identitas Korban, https://pontianak.tribunnews.com/2020/02/09/kronologi-bocah-9-tahun-tewas-di-kolam-renang-penyebab-kematian-hingga-identitas-korban. Penulis: Nur Imam Satria. Editor: Rizky Zulham

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditinggal Orangtua Mandi, Bocah 8 Tahun Tenggelam di Kolam Renang", https://regional.kompas.com/read/2014/08/01/17124011/Ditinggal.Orangtua.Mandi.Bocah.8.Tahun.Tenggelam.di.Kolam.Renang. Penulis : Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Asmadi. ( 2008 ), Konsep Dasar Keperawatan, Jakarta : EGC

Clement A. 1997. Legal Responsibility in Aquatics. Aurora, OH: Sport and Law.

Febrina A.S., Fahrizal Alwi. (2020) Sosialisasi Pertolonga Pertama pada Korban Tenggelam bagi Petugas Penjaga di KOlam Renang Siharang-Karang, Kota Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) Volume 2 N0. 1 April 2020.

Gobel, A., Kumaat, L., & Mulyadi, N. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Penanganan Pertama Korban Tenggelam Air Laut Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Nelayan Di Desa Bolang Itang Ii Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 106098.

Nawawi, Hadari. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang. Kompetitif.Cetakan Keempat. Penerbit Gadjah Mada University Press,. Yogyakarta

Santoso. 2003. Manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Prestasi Pustaka.

Sarjoko Lelono, Sri Santoso, Slamet R., (2019) Diving Skill’s Coaching Upaya Pemberdayaan Para Relawan Search and Rescue di Surakarta. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 15 (2), 2019, 57-60

Spengler, J.O. 2001. Planning for Emergencies in Aquatics. Journal of Physical Education, Recreation & Dance; Mar 2001; 72, 3; ProQuest Education Journals pg. 12.

Subagyo dkk. 2007. Diktat Pembelajaran: Akuatik II. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumardino. 2010. Kompetensi Guru Uks Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Jurnal Ilmu Kesehatan. Volume 3 Nomor 1 2014.

Undang-undang Kepariwisataan Pasal 1 angka 6 dikenal dengan istilah Destinasi Pariwisata.

Downloads

Published

2021-03-30

Most read articles by the same author(s)