SOSIALISASI OLAHRAGA MASYARAKAT

Nevi Hardika, Rusdi Rusdi, Henry Maksum, Whalsen Duli Agus Lauh

Abstract


Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat guna mewujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Indonesia Bugar, Berkarakter, Unggul dan Berprestasi 2045. Sebagai mana yang diamatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 26 tahun 2021 yang bertepatan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-38. Metode yang digunakan yaitu bimbingan teknis dengan pendekatan secara daring dan luring dengan mengacu pada prtokol kesehatan covid-19 mengingat situasi dan kondisi pandemi saat ini sebagai acuan keputusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tentang satuan satgas penanganan covid-19. Materi akan disampaikan dengan metode ceramah serta diskusi panel dengan beberapa strategi yaitu melakukan tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan evaluasi. Sasaran dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah KORMI Provinsi Kalimantan Barat Sebagai Mitra kerja sebagai penggiat olahraga yang notabennya berasal dari beberapa elemen ditengah masyarakat baik dari pelajar, mahasiswa, guru, pelatih. Hasil pengabdian yang dicapai adalah meningkatnya pemahaman insan penggiat olahraga tentang panduan manajemen dalam melakukan aktifitas fisik olahraga masyarakat dan dapat mengklasifikasikan jenis-jenis olahraga masyarakat yang tepat dimasa pandemi.


Full Text:

PDF

References


Firmansyah Dlis, et al. 2020. Sosialisasi budaya hidup sehat dan senam kebugaran untuk warga Kepulauan Seribu. MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1, No.1, Agustus 2020, pp.8-12

Kementerian Kesehatan. 2015. Buku Panduan Germas (Gerakkan Masyarakat Hidup Sehat). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Depdiknas. 2005. UU No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Budi, Didik Rilastiyo dan Suhartoyo, Topo. 2021. Improving Knowledge of Sports Games Training Programs for Junior High School Physical Education Teachers in the Purwokerto Region. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 2, Number 1, p.p 73-82.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. Jakarta 2018.

Dian K. 2015. Seri Ensiklopedia Negeriku: Permainan Tradisional. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta.

PP RI Nomor 7 Tahun 2o2o Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Peniyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga. Olahraga Tradisional Dan Rekreasi. Jakarta 2020.

Kantor Menpora. (1991). Sejarah Olahraga Indonesia. Jakarta.

Lutan, Rusli. (1997). Manusia dan Olahraga, Bandung: Penerbit ITB.

Mahendra, Agus dkk. (2003). Model Pengembangn Olahraga Tradisional. Bandung.

Pontjopoetro, S. Dkk (2002). Permainan Anak, Tradisional dan Aktivitas Ritmik. (Modul). Jakarta. Pusat Penerbitan UT.Kemenpora Ri Dan Kpoti Pusat, Panduan Olahraga Tradisional. Jakarta 2020.

Suharjana, Administrasi Dan Organisasi Pertandingan Negeri. Yogyakarta Press.

Ismatul Khasanah, Dll. Jurnal Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak 2011.

Internet:https://porosbumi.com/permainantradisional/https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Permainan tradisional_di_Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.