EDUKASI PROGRAM LITERASI MASYARAKAT DAYAK SILEBONG DENGAN PEMBANGUNA RUMAH BELAJAR

Authors

  • Konstansia Hermiati Prodi Pendidikan Matematika
  • Siti Surihatiningsih Prodi Pendidikan Matematika
  • Victor Meiman Lase Prodi Pendidikan Matematika
  • Rian Rian Prodi Pendidikan Matematika

Abstract

Tujuan pengabdian ini dilakukan adalah (1) Menjadikan lokasi program edukasi literasi masyarakat Dayak Selibong dengan pembangunan rumah belajar sebagai desa binaan kampus yang berkelanjutan; (2) Memberdayakan masyarakat Dayak Selibong dengan pembangunan rumah belajar untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas; (3) Mempromosikan dan mempublikasikan kepada masyarakat umum bahwa kampung dayak Selbong dapat menjadi acuan bagi Desa lain; (4) Pemberdayaan kelompok belajar agar bisa mengetahui antara gaya belajar menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Dayak. Metode yang digunakan melalui tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan yang dilakukan adalah survey ke lokasi tujuan untuk memberikan sosialisasi, diskusi, dan pendampingan kaitannya dengan penyempurnaan pembangunan rumah belajar dan bimbingan belajar. Pelaksanaan yang dilakukan adalah menyiapkan, melakukan pembersihan dan pengecatan membuat meja belajar dan menyediakan papan tulis, serta membentuk kelompok belajar. rumah belajar yang dibangun sudah siap dan bisa digunakan oleh anak-anak. Bimbingan belajar sangat membantu perkembangan belajar. Selama proses pembelajaran anak-anak sangat semangat dan antusias

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rian Rian, Prodi Pendidikan Matematika

Prodi Pendidikan Matematika

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 1. https://core.ac.uk/download/pdf/234096396.pdf

Ayu, G., Wulan, N., & Priatna, D. (2017). Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10551

Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875

Didu, S., & Fauzi, F. (2016). Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Lebak. Jurnal Ekonomi-Qu, 6(1), 102–117. https://doi.org/10.35448/jequ.v6i1.4199

Wardoyo, H. (2021). Kualitas Pendidikan Belum Merata, Mayoritas Penduduk Indonesia Hanya Lulusan SMP. Warta Ekonomi. Co.Id, 1. https://www.wartaekonomi.co.id/read326255/kualitas-pendidikan-belum-merata-mayoritas-penduduk-indonesia-hanya-lulusan-smp

Worosetyaningsih, T. (2021). Gerakan Budaya Cinta Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah “BARA APIâ€( Bersih, Asri, Rapi, Aman, Patuh, Dan Indah) Di Sekolah SMP Negeri 2 Pakem. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs):Conferen

Downloads

Published

2022-03-16