ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMAS 2 MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Nurbani Nurbani, Henny Puspitasari

Abstract


Latar belakang penelitian yaitu belum adanya media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak. Pada masa Pandemic Covid 19, siswa diwajibkan untuk belajar secara mandiri di rumah. Untuk bisa belajar mandiri, siswa membutuhkan media pembelajaran berbasis android untuk bisa digunakan dengan menggunakan handphone.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kebutuhan sarana akan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak; 2) Kebutuhan kecenderungan gaya belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis android. Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini menggunakan uji deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan siswa akan penggunaan media pembelajaran berbasis Android khususnya pada mata pelajaran Matematika pada SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak pada mengasumsikan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android dengan persentase 93,3%. Analisis kecenderungan gaya belajar siswa pada mata pelajaran Matematika  pada SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak mengasumsikan  setuju 93,8%.


Full Text:

PDF

References


Menrisal, M., Radyuli, P., & Wulandari, N. P. (2019). Perancangan dan pembuatan modul interakti berbasis Android pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan. Jurnal PTI (Pendidikan dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, 6(2), 38-46.

Marfuah, S., Irsadi, A., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu berbentuk jigsaw puzzle pada tema ekosistem dan pencemaran lingkungan di SMP Negeri 2 Margoyoso Kabupaten Pati. Unnes Science Eduaction Journal, 3(2), 528-534

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2016). Let’s build your Android apps with Android Studio. Jakarta: Elexmedia Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.