SOSIALISASI PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU-GURU MGMP IPS KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Adhitya Prihadi Program Studi Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak
  • Ihsan Nurhakim Program Studi Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak
  • Novita Sariani Program Studi Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak
  • Paiman Paiman Program Studi Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak
  • Agus Sudiro Program Studi Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak

Abstract

PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam Publikasi ilmiah. PKM ini dilakukan di SMP N 3 Sungai Raya pada bulan Maret 2021. Publikasi ilmiah merupakan upaya untuk menyebarluaskan suatu karya pemikiran seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk pengabdian, makalah, buku atau artikel. Guru berkewajiban untuk membangun tradisi dan budaya ilmiah, salah satunya dalam bentuk publikasi ilmiah. Permasalahan yang didapat di guru guru yang tergabung dalam MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya, adalah Kurangnya pengetahuan guru tentang publikasi ilmiah. Metode PKM dengan kegiatan sosialisasi terhadap permasalahan kurangnya pengetahuan guru dalam penyusunan artikel penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatan proses pembelajaran di kelas. Hasil yang diperoleh dari pendampingan dari kegiatan PKM ini adalah: Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) Semua materi sosialisasi telah tuntas dipaparkan, (2) Semua peserta mampu memahami materi yang disajikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 30(3), 29-32.

Akhdiah, Sabarti; Arsjad, Maidar G; Ridwan, Sakura, H. 1998. Menulis I. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta : Gava Media. Dwijayanti, R, Marlena, N, Patrika, F.D, 2017. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol.1 No. 2 Desember 2017. Fitriyah,

Dwijayanti, R, Marlena, N, Patrika, F.D, 2017. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol.1 No. 2 Desember 2017.

Eko Putro Widoyoko. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 14 September 2004.

Fitriyah, Ludiana. 2012. Hambatan Guru Sekolah Dasar dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kecamatan Kesaben Kabupaten Banyumas. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Hakim, A. 2015. “Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learningâ€. TheInternational Journal of Engineering And Science (IJES). Volume 4 Issue 2 PP.01-12 ISSN:2319 – 1813 ISSN: 2319 – 1805. Diakses pada tanggal 19 Februari 2019

Jejen, M. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Keraf, Gorys. 1996. Terampil Berbahasa Indonesia I. Jakarta:Balai Pustaka. Sudjana, Nana. 1987. Tuntunan Menyusun Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru. Suwardi Lubis. 2004. Tehnik Penulisan Ilmiah Populer. Universitas Sumatera Utara: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Kunandar. 2010. Guru Profesional, Cetakan ke-6, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sukanti, S. (2008). Meningkatkan kompetensi guru melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6 (1).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahyudi, W., Trisianawati, E., & Darmawan, H. (2017). Peningkatan keterampilan guru dalam merancang percobaan ipa berbasis pembelajaran inkuiri di kabupaten Bengkayang. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1): 61-70.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Wijaya, A. A. (2006). Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Semarang: CV Duta Nusaindo

Yuberti, Y. (2014). " Penelitian dan pengembangan" yang belum diminati dan perspektifnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3 (2): 1-15.

Yunita T. Winarto, dkk. 2007. Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis dan Mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-16