UPAYA PENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah penerapan media pembelajaran google clasroom dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pengumpulan tugas mata pelajaran ppkn di masa pandemi kelas X SMAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan prosedur sebagai berikut Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan, Observasi, Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini, dikatakan berhasil jika 80% siswa mengumpulkan tugas tepat waktu dengan nilai KKM 80. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan prosentase siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu, pada siklus I hanya 74% siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu kemudian terdapat peningkatan pada siklus II yakni 88% siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu.
Downloads
References
Alwafi Ridho Subarkah. (2018). No Title空間åƒå†ç”Ÿåž‹ç«‹ä½“æ˜ åƒã® ç ”ç©¶å‹•å‘. NhkæŠ€ç ”, 151(2), 10–17.
Denilasari, N. (2018). Pengaruh penggunaan google classroom terhadap respon siswa sebagai media pembelajaran. Skripsi, 1–115. http://ecampus-fip.umj.ac.id/umj/AmbilLampiran?ref=13917&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
Desy. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Kognitif Pada Siswa SMA Negeri 32 Semarang. Skripsi, 34–175.
Hammi, Z. (2017). “Implementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus.†Skripsi, 1–58. https://lib.unnes.ac.id/31039/
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Mata, T., Ips, P., Smpn, D. I., & Ponorogo, B. (2021). No Title. April.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pembelajaran Daring, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/
Sukmanasa, E., & Sukmanasa, E. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15680
Tanjung, A., Setiawan, W., & Firmansyah, A. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Komjardas Berbasis Podcast ( Youtube ) Berbantuan Media Interaktif Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN I3 Bandung. 1(1), 19–30.
Widiatsih, A., Wulandari, R., & Muarif, S. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember. Rekayasa, 13(2), 187–196. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v13i2.5904